Minggu, 24 April 2016

MAGANG 2



LAPORAN KEGIATAN
PELAKSANAAN PROGRAM MAGANG
DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 3
KISARAN









LAPORAN INDIVIDU



Diajukan Untuk Melengkapi Persyaratan
Penyelesaian Magang II



Oleh




SRI HASTUTI
14052001





FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ASAHAN
TAHUN 2016

HALAMAN PENGESAHAN

LAPORAN PELAKSANAAN MAGANG DI SEKOLAH
MENENGAH PERTAMA ( SMP) NEGERI 3 KISARAN





Oleh






SRI HASTUTI
NPM. 14052001










Telah diperiksa dan disetujui oleh :










                                                                                                Kisaran,  Januari 2016
Dosen Pembimbing Magang,                                                  Ka. UNIT  PPLT,




Drs. Hidayat,M.M                                                                 Yen Aryni,S.Pd,M.S
NIDN. 0130056801                                                                NIDN.0119018803




ABSTRAK

Didalam laporan ini bertujuan untuk mengetahui apa saja yang termasuk didalam Kegiatan Magang II.  Untuk mengetahui apa saja yang termasuk didalam Kegiatan Magang II  Mahasiswa Universitas Asahan yang dilaksanakan selama 6 hari, mulai 25 hingga 30 Januari 2016 di SMP NEGERI 3 KISARAN,  maka penulisan laporan ini dilakukan dengan cara wawancara dan observasi secara langsung didalam kelas.
SMP NEGERI 3 KISARAN adalah  Sekolah yang memberikan pengalaman praktis kepada Mahasiswa peserta Magang II, sehingga Mahasiswa dapat beraktualisasi sesuai bidang peminatnya. Selama kegiatan  Magang II, hasil Observasi dalam kelas di sekolah mitra (SMP NEGERI 3 KISARAN ) yang dilaksanakan mulai 25 hingga 30 Januari 2016 telah memperoleh hasil yang baik setelah melihat bagaimana cara/ strategi guru mengajar dalam kelas di SMP NEGERI 3 KISARAN.
Setelah melakukan observasi didalam kelas dan pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang penulis lakukan selama kegiatan Magang II, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa untuk menyelesaikan laporan ini diperlukan adanya kerja sama dari berbagai pihak terutama pihak sekolah mitra, selain itu untuk laporan ini juga diperlukan ketelitian yang penuh untuk lebih jelasnya  dapat dilihat dari isi laporan ini.






























KATA PENGANTAR

Puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas berkat rahnmat dan karuniaNya, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan  Magang II ”. Adapun penulisan laporan magang ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara guru mengajar dan bagaimana merancang sebuah RPP ( SMP NEGERI 3 KISARAN ). Sehingga proses penulisan Laporan Magang II ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya.
Penulis sadar bahwa apa yang telah penulis peroleh tidak semata-mata hasil dari jerih payah penulis sendiri tetapi hasil dari ketertiban semua pihak. Oleh karena itu penulis berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada :

1.      Bapak Drs.Hidayat,M.M, selaku Dosen Pembimbing Magang.
2.      Bapak Malanton Lahadhe Hasibuan,S.Pd,M.Si selaku Kepala Sekolah SMP NEGERI 3 KISARAN.
3.      Bapak Gumri,S.Pd.I  selaku Wakil Kepala Sekolah SMP NEGERI 3 KISARAN
4.      Bapak dan Ibu guru beserta Staff/ Karyawan SMP NEGERI 3 KISARAN
5.      Pihak-pihak yang tidak dapat disebutkan, atas bantuan doa serta dukungannya yang berhubungan dengan pelaksanaan magang ini.
            Sehubungan dengan hal tersebut, perlu kiranya penulis dengan ketulusan hati mengucapkan terima kasih kepada Bapak Pembimbing yang telah membimbing penulis dalam menyelesaikan laporan magang ini dan juga kepada semua pihak yang telah membantu menyelesaikan laporan magang ini. Terutama dalam kesediaan Bapak/ Ibu guru di Sekolah mitra (SMP NEGERI 3 KISARAN) yang telah bersedia memberikan waktunya untuk melancarkan Program Magang II ini.
            Penulis menyadari sepenuhnya bahwa  dalam penyusunan laporan ini masih banyak kekurangan , karena keterbatasan pengetahuan, untuk itu kritik dan saran yang bersifat membangun  dari pembaca sangat diharapkan demi kesempurnaan Laporan Magang II ini.





Kisaran, 30 Januari 2016
                        (Sri Hastuti)












DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
HALAMAN PENGESAHAN
ABSTRAK                                                                                                                iii
KATA PENGANTAR                                                                                             iv
DAFTAR ISI                                                                                                             v

BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang 
(Tujuan dan Mamfaat Program Magang)                                                  1
B.     Profil sekolah mitra
1.      Visi dan Misi sekolah mitra                                                                3
2.      Tugas dan Wewenang Pejabat Struktural sekolah mitra                     4

BAB II PELAKSANAAN PROGRAM MAGANG 1
A.    Pengembangan kegiatan akademik di sekolah mitra
1.      Faktor penunjang proses pembelajaran                                               6
2.      Faktor penghambat proses pembelajaran                                            6
3.      Pemecahan masalah dalam pembelajaran                                            6
B.     Kegiatan non-akademik / persekolahan di sekolah mitra
1.      Faktor penunjang kegiatan non-akademik                                          6
2.      Faktor penghambat kegiatan non-akademik                                       6
3.      Pemecahan  masalah kegiatan non-akademik                                     6

BAB III KESIMPULAN DAN SARAN
A.    Kesimpulan                                                                                               7
B.     Saran                                                                                                         7

DAFTAR LAMPIRAN
1.      Lembar Nilai Pembekalan Pelakasanaan Program Magang II                  8
2.      Lembar Pemberian Tugas Pelakasanaan Program Magang II                   9
3.      Lembar Nilai Pelakasanaan Program Magang II                                      10
4.      Lembar Nilai Laporan Pelakasanaan Program Magang II                        11
5.      Lembar Observasi Kegiatan Pembelajaran (OKP)                                    12
6.      Lembar Penilaian Dosen Pembimbing Peserta Magang II                        15
7.      Rekapitulasi Nilai Akhir Magang II                                                         21
8.      Kegiatan Mahasiswa Magang II Tahun 2016                                           22
9.      Daftar Hadir Mahasiswa Program Magang II                                          23


                                                           





BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang

            Universitas Asahan sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi yang unggul dan modern, sesuai visinya terus menerus mengadakan perbaikan kualitas pendidikan di kalangan masyarakat khususnya di daerah Sumatera         bagian Utara. Lembaga ini senantiasa komitmen untuk dapat menjadi lembaga pendidikan berkualitas ditingkat daerah maupun pada tingkat nasional. Salah satu ujung tombak pengadaan guru di Universitas Asahan terdapat pada 3 program studi yang terdiri dari Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris FKIP Universitas Asahan untuk mempersiapkan calon guru yang memiliki karakter pendidik yang cerdas, unggul dan beribawa.
            Undang- undang Republik Indonesia No 14 Tahun 2005 mengamanatkan bahwa guru harus memiliki kompetensi Profesional, Pedagogik, Kepribadian dan Sosial dengan bidang studi keilmuan yang terkait. Dalam rangka menyiapkan calon guru yang memiliki kompetensi tersebut perlu dilakukan upaya peningkatan, antara lain pengembangan isi kurikulum, peningkatan kualitas pembelajaran dan penilaian hasil belajar siswa penyediaan bahan ajar yang memadai, dan penyediaan sarana belajar. Dari semua cara tersebut, peningkatan kualitas pembelajaran melalui peningkatan kualitas pendidik menduduki posisi yang sangat sentral dan akan berdampak positif. Dampak positif tersebut  berupa : (1) peningkatan kemampuan dalam menyelesaikan masalah pendidikan dan masalah pembelajaran yang dihgadapi secara nyata ; (2) peningkatan kualitas masukan, proses dan hasil belajar; (3) peningkatan keprofesionalan pendidik; dan (4) penerapan prinsip pembelajaran berabsis penelitian.
            Salah satu upaya dalam hal terebut perlunya program pengembangan melalui magang II mahasiswa disekolah mitra dengan cara mengamati proses pembelajaran, menelaah kurikulum, merancang RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) bagi mahasiswa prodi Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, mengembangkan media, mengambangkan bahan ajar dan evaluasi pembelajaran. Program magang kesekolah mitra tampaknya perlu diapresiasi oleh semua pihak, baik oleh Fakultas maupun oleh pihak Universitas Asahan. Oleh karena itu, Unit Program Pengalaman Lapangan Terpadu (UPPLT) Universitas Asahan mencoba mengantisipasi semua bentuk program terlaksana secara optimal dan sejalan dengan Renstra Universitas dab FKIP Universitas Asahan. Dengan terselenggarakannya kegiatan ini diharapkan mahasiswa peserta magang memiliki sikap, pemahaman, penghayatan, motivasi dan keterampilan sebagai calon pendidik yang pada saatnya  memiliki kompetensi guru berkualifikasi profesional yang cerdas, unggul, dan beribawa.









1. Tujuan Program Magang

            Adapun tujuan program magang dapat dikategorikan sebagai berikut :
Magang II bertujuan :
1.      Mengimplementasikan hasil belajar terkait dengan kompetensi akademik kependidikan dan kompetensi akademik bidang studi.
2.      Mencermati KI dan KD dan kaitannya dengan RPP yang digunakan guru.
3.      Mencermati sistem evaluasi.
4.      Mencermati strategi pembelajaran.
5.      Menyiapkan kemampuan awal  calon pendidi terkait dengan kemampuan mengambangkan perangkat pembelajaran dengan membantu guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran ( merancang RPP, mengembangkan media pembelajaran, mengembangkan bahan ajar, mengembangkan perangkat evaluasi).
6.      Ikut serta dalam kegiatan manajemen pendidikan dan ekstrakurikuler.

2. Manfaat Program Magang

a. Bagi Mahasiswa
1)         Menambah pemahaman dan penghayatan  tentang proses pendidikan dan
pembelajaran disekolah.
2)         Memperolah pengalaman tentang cara berfikir dan bekerja secara
interdisipliner , sehingga dapat memahami adanya ketertarikan ilmu dalam
mengatasi permasalahan pendidikan yang ada di sekolah.
3)         Memperolah daya penalaran dalam melakukan penelaahan, perumusan, dan
pemecahan masalah pendidikan yang ada di sekolah.
4)         Memperoleh pengalaman dan keterampilan untuk melaksanakan pembelajaran
dan kegiatan manejerial  di sekolah
5)         Memberi kesempatan untuk dapat berperan sebagai motivator, fasilitator,
dinamisator, dan membantu pemikiran sebagai problem solver.

b. Bagi Sekolah
1)         Memperoleh kesempatan untuk ikut dalam menyiapkan calon guru yang
berdedikasi dan profesional.
2)         Mendapatkan bantuan pemikiran, tenaga ilmu, dan teknologi dalam
merencanakan serta melaksanakan pengembangan sekolah.

c. Bagi Universitas Asahan
1)         Memperoleh umpan balik dari pelaksanaan Program Magang di sekolah, guna
pengembangan kurikulum perguruan tinggi yang disesuaikan dengan kebutuhan
masyarakat.
2)         Memperoleh berbagai sumber belajar dan menemukan berbagai permasalahan
untuk pengembangan penelitian dan pendidiakan.
3)         Terjalain kerjasama yang baik dengan pemerintah daerah, instansi terkait, dan
sekolah untuk pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

B.  Profil Sekolah Mitra

Nama Sekolah                         : SMP Negeri 3 Kisaran
No. Statistik Sekolah              : 201071302021
No. Induk Sekolah                  : 200940
No. Pokok Sekolah Nasional  : 1020 4115
Tipe Sekolah                           : A/A1/A2/B/B1/B2/C/C1/C2
Alamat Sekolah                       : Jln. Madong Lubis Kisaran
Kecamatan                              : Kisaran Timur
Kabupaten                               : Asahan
Provinsi                                   : Sumatra Utara
Telepon                                   : (0623) 42103
Website/ E-mail                       :www.SMPN3Kisaran.sch.id/smpnkisaran@yahoo.com
Status Sekolah                                    : N
Nilai Akreditasi Sekolah         : B ( Baik)


1.         Visi dan Misi Sekolah Mitra

VISI
Terwujudnya insan yang cerdas, terampil dan berwawasan lingkungan dalam bingkai Iman dan Taqwa

MISI
§  Menyelenggarakan pembelajaran yang efektif untuk mengoptimalkan prestasi akademik siswa
§  Mendorong dan membantu siswa dalam upaya peningkatan prestasi non akademik
§  Menumbuhkembangkan upaya pencegahan kerusakan, pencemaran dan pelestarian lingkungan
§  Menuingkatkan penerapan Imtaq dalam kehidupan sehari-hari




















2.         Tugas dan Wewenang pejabat Struktural Sekolah Mitra

1.    Tugas dan Wewenang Pejabat Struktural Pada SMP Negeri 3 Kisaran

A.    KEPALA SEKOLAH
Tugas dan wewenang Kepala Sekolah:
1.      Menyusun Perencanaan
2.      Mengorganisir Kegiatan
3.      Mengarahkan Kegiatan
4.      Mengkoordinir Kegiatan
5.      Melaksanakan Pelaksanaan
6.      Melakukan Evaluasi setiap Kegiatan
7.      Menentukan Kebijaksanaan
8.      Mengadakan Rapat
9.      Mengambil Keputusan
10.  Mengatur Proses Belajar Mengajar
11.  Mengatur Administrasi:
a.       Kantor
b.      Pegawai
c.       Siswa
d.      Perlengkapan
e.       Keuangan
12.  Mengatur Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)
13.  Mengatur Hubungan Pengelolah dengan Masyarakat.

B.     WAKIL KEPALA SEKOLAH
Tugas dan wewenang Wakil Kepala Sekolah:
1.      Penyusun perencanaan, membuat program kegiatan dan pelaksanaan program
2.      Pengorganisasian
3.      Pengarahan
4.      Ketenagaan
5.      Pengkoordinasian
6.      Pengawasan
7.      Penilaian
8.      Identifikasi dan Pengumpulan Data
9.      Penyusunan Laporan

C.     GURU
Tugas dan wewenang Guru:
1.      Membuat perangkat program pengajaran
·         AMP
·         Program satuan/cawu
·         Program rencana pengajaran
·         Program mingguan guru
·         LKS
2.      Melaksanakan kegiatan  pembelajaran
3.      Melaksanakan kegiatan penilaian proses belajar, ulangan harian, ulangan umum, ujian akhir
4.      Melaksanakan analisis hasil ulangan  harian
5.      Menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan
6.      Mengisi daftar nilai siswa
7.      Melaksanakan kegiatan membimbing (pengimbasan pengetahuan) kepada guru lain dalam kegiatan belajar mengajar
8.      Membuat alat pelajaran/alat raga
9.      Menumbuh kembangkan sikap menghargai karya seni
10.  Mengikuti kegiatan pengembangan dan pemasyarakatan kurikulum
11.  Melaksanakan tugas tertentu di sekolah
12.  Mengadakan pengembangan program pengajaran yang menjadi tanggung jawab
13.  Membuat catatan tentang kemajuan hasil belajar siswa
14.  Mengisi dan meneliti data hadir siswa sebelum memulai pelajaran
15.  Mengatur keberhasilan ruang kelas dan ruang praktikum
16.  Mengumpulkan data, menghitung angka kredit untuk kenaikan pangkatnya

D.    WALI KELAS
Tugas dan wewenang Wali Kelas:
1.      Mengenal pribadi, lingkungan keluarga dan masyarakat setiap siswa yang berada dibawah asuhannya
2.      Menjaga dan membina agar kelasnya tetap tertib, rapi, bersih, dan menggairahkan untuk berlangsungnya proses belajar mengajar
3.      Mengadakan komunikasi dengan orang tua siswa
4.      Melaksanakan administrasi kelas yang meliputi absensi siswa pengisian buku siswa per kelas, pengisian nilai siswa dalam buku kumpulan nilai/raport, membuat catatan khusus tentang kemajuan kelas
5.      Merencanakan kreasi sehat bagi kelasnya, sekurang-kurangnya pada tiap akhir semester.

E.     TATA USAHA SEKOLAH
Tugas dan wewenang pegawai TU:
Tata usaha sekolah mempunyai tugas melaksanakan ketata usahan sekolah dan bertanggung jawab kepada kepala sekolah dalam kegiatan sebagai berikut:
1.      Penyususnan program kerja tata usaha sekolah
2.      Pengelolaan keuangan sekolah
3.      Pengurusan administrasi keuangan dan siswa
4.      Pembinaan dan pengembangan karir pegawai tata usaha
5.      Penyusunan administrasi perlengkapan sekolah
6.      Penyusunan dan penyajian data/statistik sekolah
7.      Mengkoordinasikan dan melaksanakn 6k
8.      Penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan pengurusan ketatausahaan secara berkala

F.      SISWA ATAU MURID
Tugas dan wewenang siswa yaitu:
1.      Mematuhi tata tertib yang ada di sekolah
2.      Menyelesaikan tugas sekolah yang diberi guru
3.      Mendapatkan hak bimbingan dan pengajaran dari guru yang ada di sekolah
4.      Mengikuti proses belajar mengajar dengan tertib.

BAB II
PELAKSANAAN PROGRAM MAGANG II

A. Pengembangan Kegiatan Akademik di Sekolah SMP Negeri 3 Kisaran

1.      Faktor Penunjang Proses Pembelajaran
·         Sarana dan Prasarana
·         Alat bantu pembelajaran
·         Memberi motivasi kepada siswa-siswi yang kurang semangat dalam belajar

2.      Faktor Penghambat Proses Pembelajaran
·         Tidak tersedianya audio visual disetiap kelas
·         Kurangnya alat bantu proses pembelajaran lainnya
·         Tidak mencukupi sarana dan prasarana dalam sekolah

3.      Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran
·         Dilengkapinya audio visual disetiap kelas
·         Dilengkapinya alat bantu pembelajaran lainnya

B. Kegiatan non-akademik/ Persekolah di Sekolah SMP Negeri 3 Kisaran

1.      Faktor Penunjang Kegiatan Non Akademik
·         Adanya pelatih disetiap kegiatan yang professional
·         Adanya fasilkitas yang baik

2.      Faktor Pengahambat Kegiatan Non Akademik
·         Sarananya tidak memadai
·         Alatnya masih sangat sederahana

3.      Pemecahan Masalah Kegiatan Non Akademik
·         Harus terpenuhinya alat-alat disetiap kegiatan
·         Menciptakan inovasi yang sesuai
·         Adanya kerjasama antara pihak sekolah dengan masyarakat














            BAB III

KESIMPULAN DAN SARAN

A. Kesimpulan
            Dengan terlaksananya Program Magang II  di SMP Negeri 3 Kisaran ini kami telah mendapatkan pengetahuan dan wawasan yang kami dapat dengan melakukan Observasi/ pengamatan didalam kelas dimana hasil observasi tersebut ialah kami dapat mengetahui bagaimana cara guru mengajar, bagaimana cara guru menyikapi siswa-siswa yang tidak taat peraturan, bagaimana cara guru memberikan sebuah punishment kepada siswa dan bagaimana cara mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

B. Saran
            Berdasarkan hasil Observasi/ pengamatan yang kami dapat dari Magang II di SMP Negeri 3 Kisaran ini bahwa tingkat kedisplinan dan rasa hormat murid kepada guru masih terlihat kurang. Kami berharap agar pihak sekolah lebih meningkatkan lagi peraturan dengan punishment yang dapat membuat siswa jerah dan lebih memilih untuk disiplin serta taat kepada peraturan yang ada.































Lampiran 1

LEMBAR NILAI PEMBEKALAN
PELAKSANAAN PROGRAM MAGANG II
UNIVERSITAS ASAHAN



NAMA MAHASISWA   : SRI HASTUTI     NPM               : 14052001
PROGRAM STUDI         : B. INGGRIS        SEKOLAH     : SMPN 3 KISARAN

No
Indikator Penilaian
Skor (0 - 15)
1.
Kehadiran dalam pembekalan

2.
Kedisiplinan peserta magang

3.
Kerapian peserta magang

4.
Keaktifan dalam mengikuti pembekalan

5.
Sopan santun dalam mengikuti pembekalan

6.
Tugas pembekalan

Nilai Akhir Pembekalan


                                                                                                                                                Kisaran,     Januari 2016
                                                                                    Ka .UPPLT



                                                                                    Yen Aryni,S.Pd,M.S
                                                                                    NIDN.0119018803





















Lampiran 2

LEMBAR PEMBERIAN TUGAS PELAKSANAAN
PROGRAM MAGANG II
UNIVERSITAS ASAHAN


No
Tanggal Penugasan
Materi Penugasan
Paraf
Pemberi
Tugas
1
25 Januari 2016
Upacara



Piket

2
26 Januari 2016
Apel Pagi



Observasi Kelas VIII-4



Observasi Kelas IX-7

3
27 Januari 2016
Apel Pagi



Menjaga Perpustakaan



Observasi Kelas IX-1

4
28 Januari 2016
Apel Pagi



Absen Kelas Keliling



Menata Ruang Perpustakaan



Observasi Kelas VII-1



Piket

5
29 Januari 2016
Apel Pagi



Absen Kelas Keliling



Observasi Kelas IX-3



Piket

6
30 Januari 2016
Pelepasan Magang II




                                                                  Kisaran, 30 Januari 2016
                                                                  Kepala Sekolah




                                                                  Malanton Lahadhe Hasibuan,S.Pd,M.Si
                                                                  NIP.19710530199412 1 001






Lampiran 3

LEMBAR NILAI PELAKSANAAN
PROGRAM MAGANG II
UNIVERSITAS ASAHAN


No
Aspek Penilaian
Skor ( 0 - 30 )
1.
Kehadiran

2.
Sopan santun dan kedisiplinan

3.
Kepemimpinan dan kerjasama

4.
Kreativitas

5.
Kemampuan menelaah RPP, mahasiswa BK RPL dan RKH

6.
Kemampuan menelaah strategi pembelajaran

7.
Kemampuan menelaah pengembangan bahan ajar

8.
Kemampuan menelaah pengembangan media pembelajaran

9.
Kemampuan menelaah sistem evaluasi

10.
Kemampuan menelaah pengembangan perangkat evaluasi

Nilai Akhir Pelaksanaan Magang



                                                                                    Kisaran, 30 Januari  2016
                                                                                    Guru Pamong Magang (GPM)




                                                                                    Eni Harianti,S.S
                                                                                    NIP. 19771019 200502 2 003




















Lampiran 4

LEMBAR NILAI LAPORAN
PELAKSANAAN PROGRAM MAGANG
UNIVERSITAS ASAHAN


Nama Peserta              : Sri Hastuti
NPM                           : 14052001
Sekolah Magang         : SMP Negeri 3 Kisaran
Program Studi             : Bahasa Inggris


No
Aspek Penilaian
1
2
3
1.
Ketepatan penyerahan



2.
Sistematika penulisan



3.
Tata tulis dan bahasa



4.
Kelengkapan isi laporan



5.
Kerapian dan tata letak komponen



6.
Tingkat keterbacaan



7.
Logika urutan penyajian



8.
Simpulan saran dan lampiran



Nilai Akhir Pelaksanaan Program Magang



                                                                                    Kisaran,    Januari 2016
                                                                                    Ka. UPPLT




                                                                                    Yen Aryni, S.Pd, M.S
                                                                                    NIDN.0119018803















Lampiran 5

LEMBAR OBSERVASI KEGIATAN PEMBELAJARAN (OKP)


Nama Mahasiswa        : Sri Hastuti
NPM                           : 14052001
Program Studi             : Bahasa Inggris
Sekolah Latihan          : SMP Negeri 3 Kisaran
Kelas                           : VIII-2
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Hari/ Tanggal              : Rabu/ 27 Januari 2016


                                                                                                                                   

A.        PENDAHUALUAN

1.      Apa yang dikerjakan guru ketika masuk kelas ?
-          Pertama sekali guru mengucapkan salam kemudian memperhatikan keberseihan kelas, terlihat kelas tidak bersih guru memerintahkan siswa untuk mengutip sampah yang ada dilantai kelas, dan setelah kelas terlihat bersih guru memerintahkan class monitor untuk memimpin doa, setelah doa bersama guru pun mengabsen siswa dan kemudian memulai pembelajaran.

2.      Bagaimana guru membuka pelajaran ?
-          Guru membuka pelajaran dengan terlebih dahulu membahas singkat/ mengingatkan tentang pelajaran sebelumnya, kemudian menyampaikan peta konsep tentang pelajaran yang akan dibahas untuk selanjutnya.

3.      Apakah cara membuka pelajaran  tersebut sesuai dengan materi yang akan diajarkan, berikan alasan ?
-          Ya, karena apa yang disampaikan oleh guru tersebut sesuai dengan bahan ajar yang ada pada perangkat pembelajaran guru.

4.      Berapa menit tahap pendahuluan ini berlangsung ?
-          10 Menit

5.      Bagaimana perhatian siswa terhadap guru ?
-          Hanya beberapa siswa saja yang memperhatikan guru, sebagian siswa disaat guru menjelaskan materi pembelajaran siswa ada yang melamun, bercerita, bermain Hp, dll.


B.        PENYAJIAN

1.      Bagaimana cara guru menyajikan materi pokok pembelajaran ?
-          Materi pokok pembelajaran yang disampaikan oleh guru sesuai dengan RPP dan media  pembelajaran yang ada ( buku pelajaran ). Dimana dalam menyajikan pokok pembelajaran ini guru memulai dengan peta konsep yang kemudian menyampaikan tujuan dari pembelajaran tersebut.

2.      Selama pelajaran berlangsung berapa kali guru bertanya pada siswa ?
-          4 kali

3.      Berapa orang siswa yang mendapat kesempatan menjawab pertanyaaan guru ?
-          4 siswa

4.      Selama pembelajaran berlangsung apakah ada :
a.       Siswa yang mengajukan pertanyaan ?
-          Ada

b.      Bagaimanakah cara guru menilai hasil belajar siswa ?
-           Hasil belajar siswa juga dinilai dengan memberikan tugas-tugas kepada siswa seperti PR yang kemudian dinilai oleh guru sehingga dapat dilihat mana siswa yang rajin dan tidak dalam mengerjakan tugas, guru juga melihat siswa yang aktif dan siswa yang tidak aktif dalam bertanya.

c.       Siswa yang mengganggu kelas, jika ya , bagaimana cara guru mengatasinya ?
-          Ya, guru mengatasi siswa yang mengganggu kelas dengan cara memberikan sebuah punishment/ hukuman, dimana dalam observasi ini guru memberikan punishment berupa cubitan kasih sayang.

d.      Secara umum bagaimana perhatian  siswa terhadap pelajaran yang disajikan guru ?
-          Siswa sangat senang menerima pelajaran yang diberikan oleh guru tersebut

e.       Berapa lama pelajaran ini berlangsung ?
-          50 Menit



C.        PENUTUP

1.      Apa yang dilakukan guru untuk mengakhiri pelajaran ?
-          Guru menyimpulkan hasil materi yang telah disampaikan,dan kemudian memerintahakan salah seorang siswa untuk memimpin doa bersama  sebelum pulang.

2.      Bagaimana cara guru menilai hasil belaajar siswa ?
-          Hasil belajar siswa juga dinilai dengan memberikan tugas-tugas kepada siswa seperti PR yang kemudian dinilai oleh guru sehingga dapat dilihat mana siswa yang rajin dan tidak dalam mengerjakan tugas, guru juga melihat siswa yang aktif dan siswa yang tidak aktif dalam bertanya.

3.      Apa yang dilakukan guru sebelum mengakhiri pelajaran untuk pindah ke pelajaran lain atau istirahat ?
-          Guru memberikan Pekerjaan Rumah (PR) kepada siswa dan kemudian mengucapakan salam dalam mengakhiri pelajaran.

4.      Berapa menit bagian penutup ini berlangsung ?
-          20 Menit

5.      Tuliskan kesan umum anda terhadap kegiatan belajar mengajar yang anda amati?
-          Baiklah, hasil dari Observasi yang telah saya amati dalam Magang II ini bahwa untuk menjadi seorang guru harus benar-benar siap mental karena tidak semua murid akan respect, terlagi murid-murid yang nakal dan acuh tak acuh terhadap pelajaran. Magang II inipun telah menjadi pengalaman istimewa tersendiri bagi saya. Karena secara langsung mata saya melihat bagaimana cara/ strategi yang dilakukan oleh guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar berlangsung. Dalam hal ini saya sebagai calon guru penerus bangsa akan dapat menyusun dan memilah untuk strategi pembelajaran dalam mengimplementasikannya ke lapangan suatu saat nanti untuk tercapainya menjadi guru yang profesional.  Amin


Diketahui,                                                                              
Kepala Sekolah,                                                                  Guru Pamong,




Malanton Lahadhe Hasibuan,S.Pd,M.Si                        Eni Harianti,S.S                               
NIP. 19710530199412 1 001                                             NIP.19771019 200502 2 003
Lampiran 6

LEMBAR PENILAIAN DOSEN PEMBIMBING
PESERTA MAGANG II TAHUN 2016


Nama Mahasiswa        : Sri Hastuti
NPM                           : 14052001
Program Studi             : Bahasa Inggris
Sekolah Latihan          : SMP Negeri 3 Kisaran

No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
1
2
3
Ket.
1.
Kemampuan mengembangkan perangkat pembelajaran RPP/ RPL bagi mahasiswa BK/ RKH bagi mahasiswa PG-PAUD




2.
Kemampuan mengembangkan media pembelajaran




3.
Kemampuan mengembangkan bahan ajar




4.
Kemampuan mengembangkan perangkat evaluasi




5.
Keikutsertaan dalam kegiatan Magang II




Jumlah Skor







                                                                                    Kisaran,     Januari 2016
                                                                                    Dosen Pembimbing Magang II




                                                                                    Drs. Hidayat,M.M
                                                                                    NIDN. 0130056801















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor : 03



1.      Sekolah                                                  : SMP Negeri 3 Kisaran
Mata Pelajaran                                     : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester                                    : VIII/2
2.      Standart Kompetensi                           :11. Mamahami makna teks tulis
fungsional dan esai pendek sederhana berbentuk recount dan narative yang berkaitan dengan lingkungan sekitar.
3.      Kompetensi Dasar                                : 11.1 Membaca nyaring bermakna teks
tulis fungsional dan esay berbentuk recount dan narative pendek dan sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar.
4.      Indikator Pencapaian Kompetensi     :  -    Membaca nyaring dan bermaksna
                                                                        teks berbentuk narative
-          Mengidentifikasi berbagai identifikasi informasi dalam teks narative
-          Mengidentifikasi langkah retorika teks berbentuk narative
-          Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks berbentuk narative

5.      Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran peserta didik dapat :
5.1 Membaca nyaring dan bermakna teks bernbentuk narative melalui diskusi
5.2 Mengidentifikasi berbagi informasi dalam teks narative melalui diskusi
5.3 Mengidentifikasi langkah retorika teks berbentuk narative melalui diskusi
5.4 Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks berbentuk narative melalui diskusi

6.      Materi Pembelajaran
6.1 Teks tertulis berbentuk narative

7.      Alokasi Waktu                                      : 5 x 40 menit

8.      Metode pembelajaran
-          Decision making ( pertemuan 1)
-          Reading guide ( pertemuan 2)



9.      Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 ( 2x 40 menit)
Materi : teks tertulis berbentuk narative

a) Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit)
-          Pra Pembelajaran
a.       Doa/ salam
b.      Kebersihan kelas
c.       Mengabsen peserta didik

-          Apersepsi
a.       Mengamati  kelengkapan belajar peserta didik
b.      Menyampaikan tujuan pembelajaran
c.       Menyampaikan metode pembelajaran “decision making”
d.      Pre-test

-          Motivasi
Guru menunjukkan berbagai macam gambar, 2-3 siswa memberikan tanggapan

b) Kegiatan Inti ( 50 menit)
-          Peserta didik bereksplorasi mendengarkan penjelasan materi pembelajaran tentang teks narative melalui peta konsep ( NBKB : rasa ingin tahu, kreatif)
-          Membagi kelas dalam 6 kelompok @6-7 peserta didik
-          Membagikan  soal/ kasus/ masalah kepada tiap kelompok
-          Peserta  didik bereksplorasi mendiskusikan soal / kasus/ masalah sampai
-          Pengambilan  keputusan dari kasus tersebut ( NBKB : toleransi, disiplin, demokratis, komunikatif)
-          Peserta  didik mengkonfiramsikan hasil diskusi melalui presentase ( NBKB : kerja keras, tanggung jawab, komunikatif)

c) Kegiatan Penutup ( 20 menit)
-          Membuat  kesimlpulan
-          Refleksi  : membahas tentang metode decision making
-          Umpan  balik : soal-soal pada pemnilaian
-          Tindak  lanjut : kegiatan mandiri tidak terstruktur (KMTT),find somr narative texts ! at least 5
-          Menginformasikan  materi pembelajaran pada pertemuan berikutnya









Pertemuan 2 ( 3x 40 menit)

a) Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit)
-          Pra Pembelajaran
a. Doa/ salam
b. Kebersihan kelas
c. Mengabsen peserta didik

-          Apersepsi
a. Mengamati kelengkapan belajar peserta didik
            b. Menyampaikan tujuan pembelajaran
c. Memyampaikan metode pembelajaran “Reading Guide”
d.Pre-test : What do you know about narative texts?

-          Motivasi
Guru menunjuk beberapa peserta didik untuk membacakan text narrative.

b) Kegiatan Inti (90 menit)
-          Peserta didik bereksplorasi mendengarkan penjelasan materi pembelajaran text narrative melalui peta konsep (NBKB : rasa ingin tahu, kreatif)
-          Guru menentukan bacaan text procedure yang dipelajari peserta didik
-          Guru memberikan pertanyaan dan kisi-kisi masalah
-          Peserta didik  bereksplorasi mempelajari pelajaran text narrative kemudian menjawab pertanyaan atau memecahkan masalah (NBKB : tanggung jawab, kerja keras, mandiri)
-          Peserta didik berelaborasi bertukar jawabn atas hasil kerja mereka (NBKB : jujur, tanggung jawab)
-          Guru mengkonfirmasikan kesimpulan dari text bacaan dan memberikan penghargaan/nilai kepada peserta didik sesuai penjumlahan skor benar tiap peserta didik (jujur, menghargai prestasi)

c) Kegiatan Penutup
-          Membuat kesimpulan
-          Refleksi: Membahas tentang metode Reading Guide
-          Umpan balik : Soal-soal pada penilaian
-          Tindak lanjut : Penugasan Terstruktur : Mengerjakan soal latihan
-          Menginformasikan materi pembelajaran pada pertemuan berikutnya










10.  Penilaian Hasil Belajar

Indikator Penilaian
Teknik
Penilaian
Bentuk
Instrumen
Instrument
· Mengidentifikasi
berbagai informasi
dalam teks narrative

· Mengidentifikasi   langkah retorika teks berbentuk narrative
Tes

Tertulis
 Tes

 Uraian
 The following text is for question 34 to 37


Long time ago in west Java, lived a woman named Dayang Sumbi. She live alone in the forest.
One day Dayang Sumbi was quilting when suddenly, her quilt fell of from her house. Then she prayed to Gods, “If a man picks up my quilt, he will be my husband. If a woman she will be my sister.” Then, a male dog picks it up. For keeping her word. Dayang Sumbi married the dog and called his Tumang. Dayang Sumbi gave birth to a baby, name him Sangkuriang, but never told him who is father was.
One day, Sangkuriang was hunting with Tumang in the forest and he found nothing. He blamed Tumang for the failure and killed him. When Dayang Sumbi knew, that ,she hit Sangkuriang’s heat with a big spoon and asked him to go.
Many years later, the wandering Sangkuriang found a house in the forest, and an all beautiful woman was in the house. The woman Dayang Sumbi, recognized the adventurer as Sangkuriang. Sangkuriang forced her to marry him and Dayang Sumbi asked him to make a vast boat in one night. In the night, Sangkuriang called his friends, ghosts and forest fairies to help him. Dayang Sumbi feared the boat could be finished on time. So she asked some woman near by to help her. The woman hit the graind puncher to make noise which disturbed the ghost and the fairies.
The ghost and the fairies ran away before completing the boat. Sangkuriang was very angry. He kicked away the boat upside down, and it turned in to a mountain called Tangkuban Perahu. It means the downside boat, which stood in the north of Bandung.



Answer the following questions  !
1.      What is the woman name?
2.      What is the dog’s name?
3.      What did Dayang Sumbi asked him to make?
4.      Write the rhetorical steps of the above text?

Kunci Jawaban
1.      Dayang Sumbi
2.      Tumang
3.      Make a vast boat in one night
4.      Orientation-complication-resolution


Pedoman Penilaian :
-          Tiap nomor diberi skor 2
-          Skor maksimal 4 x 2 = 8
-          Nilai Maksimal 100
Skor Perolehan
-          Nilai Peserta didik                                   × 100
Skor Maksimal


11. Sumber Pembelajaran
-          English in Focus Karangan Artono Wardiman, Masduki B. Jahur
-          Kamus











Mengetahui,                                                                                 
                                                                                    Kisaran, 30 Januari 2016
   Kepala SMP Negeri 3 Kisaran,                                      Guru Mata Pelajaran,                               



Malanton Lahadhe Hasibuan,S.Pd,M.Si                        Eni Harianti,S.S                               
NIP. 19710530199412 1 001                                             NIP.19771019 200502 2 003
Lampiran 7

REKAPITULASIN NILAI AKHIR MAGANG II


Lokasi Magang II             : Jln. Madong Lubis Kisaran


No
Nama
NPM
Prodi/ Jurusan
Skor Nilai
Huruf
Pembekalan
(15%)
Tugas (16%)
GPM (30%)
DPM (15%)
Laporan Magang (24%)
1.
Sri Hastuti
14052001
B.Inggris






2.
Windi Widya Astuti
14052025
B.Inggris






3.
Rafika Handayani
14052024
B.Inggris






4.
Fitri Siagian
14052023
B.Inggris






5.
Hendra Perdani
14052009
B.Inggris






6.
Novi Prayogi
14053134
B.Indonesia






7.
Amirah
14053117
B.Indonesia






8.
Puspa Rani
14053015
B.Indonesia






9.
Nad’ya Octaviani
14053149
B.Indonesia






10.
Indah Permata Sari
14053139
B.Indonesia






11.
Desi Diana Sari
14053138
B.Indonesia








Mengetahui,                                                                               Kisaran,    Januari 2016

Ka.UPPLT,                                                                                Dosen Pembimbing Magang II



Yen Aryni, S.Pd, M.S                                                              Drs.Hidayat,M.M
NIDN.0119018803                                                                    NIDN.0130056801
Lampiran 8

KEGIATAN MAHASISWA MAGANG II TAHUN 2016



Nama    : Sri Hastuti                 Sekolah Tempat Magang        : SMP Negeri 3 Kisaran
NPM     :  14052001                 Waktu Magang                       : 25 - 30 Januari 2016


Tgl.
Waktu
Kode Kegiatan
Jam
Jam
Jam
Jam
Jam
Jam
07-08
08-09
09-10
10-11
11-12
12-13
25/01/2016
i
b
i
i
i
i
a. Bimbingan dan Orientasi
26/01/2016

i
c
c
i
k
b. Komunikasi/ Wawancara


b




c. Observasi peserta didik di kelas


e




d. Tugas bimbingan dari PKS
27/01/2016
b
b
b
c
c
i
e. Tugas ADM sekolah/ kelas



k



f. Tugas KO dan Ekstrakurikuler
28/01/2016
q
q
q
c
c
c
g. Pembimbingan OSIS

i
i
i



h. Kebersihan kamar mandi
29/01/2016
p
p
c
c
c
j
i. Piket


k


j
j
j. Membantu memeriksa hasil kerja anak


b




k. Menata ruang perpustakaan/ Lab
30/01/2016
b
b
a
i
i
i
l. Upacara







m. 5 K







n. Rapat







o. Les Tambahan







p. Jumat bersih masuk kelas







q. Menyusun RPP/ RPL bagi mahasiswa BK/ RKH bagi mahasiswa PG-PAUD

Disetujui oleh :                                                                        Kisaran,30 Januari 2016
Guru Pamong,                                                                         Mahasiswa,



Eni Harianti, S.S                                                                   Sri Hastuti
NIP. 19771019 200502 2 003                                                NPM. 14052001
Lampiran 9

DAFTAR HADIR MAHASISWA PROGRAM MAGANG II
FKIP UNIVERSITAS ASAHAN
TAHUN 2016

Lokasi Magang II       : SMP Negeri 3 Kisaran
Alamat                        : Jln. Madong Lubis Kisaran
Bulan                           : Januari


No
Mahasiswa
Januari
Ket.
25
26
27
28
29
30

1.
Sri Hastuti







2.
Windi  Windya







3.
Rafika Handayani







4.
Fitri Siagian







5.
Hendra Perdani







6.
Novi Prayogi







7.
Amirah







8.
Puspa Rani







9.
Nad’ya Octaviani







10.
Indah Permata







11.
Desi Diana Sari







                                                                                               

                                                                                    Kisaran, 30 Januari 2016
                                                                                    Diketahui oleh,
                                                                                    Wakil kepala Sekolah



                                                                                    Gumri, S.Pd.I
                                                                                    NIP. 19600709 198302 1 004


Tidak ada komentar:

Posting Komentar