LAPORAN KEGIATAN
PELAKSANAAN PROGRAM MAGANG
DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
(SMP) NEGERI 3
KISARAN
LAPORAN INDIVIDU
Diajukan Untuk Melengkapi Persyaratan
Penyelesaian Magang II
Oleh
SRI HASTUTI
14052001
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ASAHAN
TAHUN 2016
HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN PELAKSANAAN MAGANG DI
SEKOLAH
MENENGAH PERTAMA ( SMP)
NEGERI 3 KISARAN
Oleh
SRI HASTUTI
NPM.
14052001
Telah
diperiksa dan disetujui oleh :
Kisaran,
Januari 2016
Dosen Pembimbing Magang, Ka.
UNIT PPLT,
Drs.
Hidayat,M.M Yen Aryni,S.Pd,M.S
NIDN. 0130056801 NIDN.0119018803
ABSTRAK
Didalam laporan ini bertujuan untuk mengetahui apa saja yang
termasuk didalam Kegiatan Magang II.
Untuk mengetahui apa saja yang termasuk didalam Kegiatan Magang II Mahasiswa Universitas Asahan yang
dilaksanakan selama 6 hari, mulai 25 hingga 30 Januari 2016 di SMP NEGERI 3
KISARAN, maka penulisan laporan ini
dilakukan dengan cara wawancara dan observasi secara langsung didalam kelas.
SMP NEGERI 3 KISARAN adalah
Sekolah yang memberikan pengalaman praktis kepada Mahasiswa peserta
Magang II, sehingga Mahasiswa dapat beraktualisasi sesuai bidang peminatnya.
Selama kegiatan Magang II, hasil
Observasi dalam kelas di sekolah mitra (SMP NEGERI 3 KISARAN ) yang
dilaksanakan mulai 25 hingga 30 Januari 2016 telah memperoleh hasil yang baik
setelah melihat bagaimana cara/ strategi guru mengajar dalam kelas di SMP
NEGERI 3 KISARAN.
Setelah melakukan observasi didalam kelas dan pengembangan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang penulis lakukan selama kegiatan Magang II,
maka penulis dapat menyimpulkan bahwa untuk menyelesaikan laporan ini
diperlukan adanya kerja sama dari berbagai pihak terutama pihak sekolah mitra,
selain itu untuk laporan ini juga diperlukan ketelitian yang penuh untuk lebih
jelasnya dapat dilihat dari isi laporan
ini.
KATA PENGANTAR
Puji syukur atas kehadirat Tuhan
Yang Maha Esa, atas berkat rahnmat dan karuniaNya, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan “ Magang II ”. Adapun
penulisan laporan magang ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara guru mengajar
dan bagaimana merancang sebuah RPP ( SMP NEGERI 3 KISARAN ). Sehingga proses penulisan Laporan
Magang II ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya.
Penulis sadar bahwa apa yang telah
penulis peroleh tidak semata-mata hasil dari jerih payah penulis sendiri tetapi
hasil dari ketertiban semua pihak. Oleh karena itu penulis berterima kasih yang
sebesar-besarnya kepada :
1.
Bapak Drs.Hidayat,M.M, selaku Dosen Pembimbing Magang.
2.
Bapak Malanton Lahadhe Hasibuan,S.Pd,M.Si selaku Kepala Sekolah SMP
NEGERI 3 KISARAN.
3.
Bapak Gumri,S.Pd.I selaku Wakil
Kepala Sekolah SMP NEGERI 3 KISARAN
4.
Bapak dan Ibu guru beserta Staff/ Karyawan SMP NEGERI 3 KISARAN
5.
Pihak-pihak yang tidak dapat disebutkan, atas bantuan doa serta
dukungannya yang berhubungan dengan pelaksanaan magang ini.
Sehubungan dengan hal tersebut,
perlu kiranya penulis dengan ketulusan hati mengucapkan terima kasih kepada Bapak Pembimbing yang telah membimbing penulis dalam menyelesaikan laporan magang ini dan juga kepada semua pihak yang telah membantu
menyelesaikan laporan magang ini.
Terutama dalam kesediaan Bapak/ Ibu guru di Sekolah mitra (SMP NEGERI 3
KISARAN) yang telah bersedia memberikan waktunya untuk melancarkan Program
Magang II ini.
Penulis
menyadari sepenuhnya bahwa dalam
penyusunan laporan ini masih banyak kekurangan , karena keterbatasan
pengetahuan, untuk itu kritik dan saran yang bersifat membangun dari pembaca sangat diharapkan demi
kesempurnaan Laporan Magang II ini.
Kisaran, 30 Januari 2016
(Sri Hastuti)
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL
HALAMAN
PENGESAHAN
ABSTRAK iii
KATA
PENGANTAR iv
DAFTAR
ISI v
BAB
I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
(Tujuan dan Mamfaat Program
Magang) 1
B.
Profil sekolah mitra
1.
Visi dan Misi sekolah mitra 3
2.
Tugas dan Wewenang Pejabat Struktural
sekolah mitra 4
BAB II PELAKSANAAN PROGRAM MAGANG 1
A.
Pengembangan kegiatan akademik di
sekolah mitra
1.
Faktor penunjang proses pembelajaran 6
2.
Faktor penghambat proses pembelajaran 6
3.
Pemecahan masalah dalam pembelajaran 6
B.
Kegiatan non-akademik / persekolahan di
sekolah mitra
1.
Faktor penunjang kegiatan non-akademik 6
2.
Faktor penghambat kegiatan non-akademik 6
3. Pemecahan masalah kegiatan non-akademik 6
BAB III KESIMPULAN DAN SARAN
A.
Kesimpulan 7
B. Saran 7
DAFTAR LAMPIRAN
1. Lembar
Nilai Pembekalan Pelakasanaan Program Magang II 8
2. Lembar
Pemberian Tugas Pelakasanaan Program Magang II 9
3. Lembar
Nilai Pelakasanaan Program Magang II 10
4. Lembar
Nilai Laporan Pelakasanaan Program Magang II 11
5. Lembar
Observasi Kegiatan Pembelajaran (OKP) 12
6. Lembar
Penilaian Dosen Pembimbing Peserta Magang II 15
7. Rekapitulasi
Nilai Akhir Magang II 21
8. Kegiatan
Mahasiswa Magang II Tahun 2016 22
9. Daftar
Hadir Mahasiswa Program Magang II 23
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Universitas Asahan sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi yang unggul dan
modern, sesuai visinya terus menerus mengadakan perbaikan kualitas pendidikan
di kalangan masyarakat khususnya di daerah Sumatera bagian Utara.
Lembaga ini senantiasa komitmen untuk dapat menjadi lembaga pendidikan
berkualitas ditingkat daerah maupun pada tingkat nasional. Salah satu ujung
tombak pengadaan guru di Universitas Asahan terdapat pada 3 program studi yang
terdiri dari Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris FKIP Universitas
Asahan untuk mempersiapkan calon guru yang memiliki karakter pendidik yang
cerdas, unggul dan beribawa.
Undang- undang Republik Indonesia No
14 Tahun 2005 mengamanatkan bahwa guru harus memiliki kompetensi Profesional,
Pedagogik, Kepribadian dan Sosial dengan bidang studi keilmuan yang terkait.
Dalam rangka menyiapkan calon guru yang memiliki kompetensi tersebut perlu
dilakukan upaya peningkatan, antara lain pengembangan isi kurikulum,
peningkatan kualitas pembelajaran dan penilaian hasil belajar siswa penyediaan
bahan ajar yang memadai, dan penyediaan sarana belajar. Dari semua cara
tersebut, peningkatan kualitas pembelajaran melalui peningkatan kualitas
pendidik menduduki posisi yang sangat sentral dan akan berdampak positif.
Dampak positif tersebut berupa : (1)
peningkatan kemampuan dalam menyelesaikan masalah pendidikan dan masalah
pembelajaran yang dihgadapi secara nyata ; (2) peningkatan kualitas masukan,
proses dan hasil belajar; (3) peningkatan keprofesionalan pendidik; dan (4)
penerapan prinsip pembelajaran berabsis penelitian.
Salah satu upaya dalam hal terebut
perlunya program pengembangan melalui magang II mahasiswa disekolah mitra dengan
cara mengamati proses pembelajaran, menelaah kurikulum, merancang RPP (Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran) bagi mahasiswa prodi Matematika, Bahasa Indonesia,
Bahasa Inggris, mengembangkan media, mengambangkan bahan ajar dan evaluasi
pembelajaran. Program magang kesekolah mitra tampaknya perlu diapresiasi oleh
semua pihak, baik oleh Fakultas maupun oleh pihak Universitas Asahan. Oleh
karena itu, Unit Program Pengalaman Lapangan Terpadu (UPPLT) Universitas Asahan
mencoba mengantisipasi semua bentuk program terlaksana secara optimal dan
sejalan dengan Renstra Universitas dab FKIP Universitas Asahan. Dengan
terselenggarakannya kegiatan ini diharapkan mahasiswa peserta magang memiliki
sikap, pemahaman, penghayatan, motivasi dan keterampilan sebagai calon pendidik
yang pada saatnya memiliki kompetensi
guru berkualifikasi profesional yang cerdas, unggul, dan beribawa.
1. Tujuan Program Magang
Adapun tujuan program magang dapat
dikategorikan sebagai berikut :
Magang II
bertujuan :
1. Mengimplementasikan
hasil belajar terkait dengan kompetensi akademik kependidikan dan kompetensi
akademik bidang studi.
2. Mencermati
KI dan KD dan kaitannya dengan RPP yang digunakan guru.
3. Mencermati
sistem evaluasi.
4. Mencermati
strategi pembelajaran.
5. Menyiapkan
kemampuan awal calon pendidi terkait
dengan kemampuan mengambangkan perangkat pembelajaran dengan membantu guru
dalam mengembangkan perangkat pembelajaran ( merancang RPP, mengembangkan media
pembelajaran, mengembangkan bahan ajar, mengembangkan perangkat evaluasi).
6. Ikut
serta dalam kegiatan manajemen pendidikan dan ekstrakurikuler.
2. Manfaat Program Magang
a. Bagi Mahasiswa
1)
Menambah pemahaman dan penghayatan tentang proses pendidikan dan
pembelajaran
disekolah.
2)
Memperolah pengalaman tentang cara
berfikir dan bekerja secara
interdisipliner
, sehingga dapat memahami adanya
ketertarikan ilmu dalam
mengatasi
permasalahan pendidikan yang ada di sekolah.
3)
Memperolah daya penalaran dalam
melakukan penelaahan, perumusan, dan
pemecahan
masalah pendidikan yang ada di sekolah.
4)
Memperoleh pengalaman dan keterampilan
untuk melaksanakan pembelajaran
dan kegiatan manejerial di sekolah
5)
Memberi kesempatan untuk dapat berperan
sebagai motivator, fasilitator,
dinamisator, dan
membantu pemikiran sebagai problem solver.
b.
Bagi Sekolah
1)
Memperoleh kesempatan
untuk ikut dalam menyiapkan calon guru yang
berdedikasi dan
profesional.
2)
Mendapatkan bantuan pemikiran, tenaga
ilmu, dan teknologi dalam
merencanakan
serta melaksanakan pengembangan sekolah.
c.
Bagi Universitas Asahan
1)
Memperoleh umpan balik dari pelaksanaan
Program Magang di sekolah, guna
pengembangan
kurikulum perguruan tinggi yang disesuaikan dengan kebutuhan
masyarakat.
2)
Memperoleh berbagai sumber belajar dan
menemukan berbagai permasalahan
untuk pengembangan
penelitian dan pendidiakan.
3)
Terjalain kerjasama yang baik dengan
pemerintah daerah, instansi terkait, dan
sekolah untuk
pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
B. Profil
Sekolah Mitra
Nama Sekolah : SMP Negeri 3 Kisaran
No. Statistik
Sekolah : 201071302021
No. Induk
Sekolah : 200940
No. Pokok
Sekolah Nasional : 1020 4115
Tipe Sekolah :
A/A1/A2/B/B1/B2/C/C1/C2
Alamat Sekolah : Jln. Madong Lubis
Kisaran
Kecamatan : Kisaran Timur
Kabupaten : Asahan
Provinsi : Sumatra
Utara
Telepon : (0623) 42103
Website/ E-mail :www.SMPN3Kisaran.sch.id/smpnkisaran@yahoo.com
Status Sekolah : N
Nilai Akreditasi
Sekolah : B ( Baik)
1. Visi
dan Misi Sekolah Mitra
VISI
Terwujudnya
insan yang cerdas, terampil dan berwawasan lingkungan dalam bingkai Iman dan
Taqwa
MISI
§ Menyelenggarakan
pembelajaran yang efektif untuk mengoptimalkan prestasi akademik siswa
§ Mendorong
dan membantu siswa dalam upaya peningkatan prestasi non akademik
§ Menumbuhkembangkan
upaya pencegahan kerusakan, pencemaran dan pelestarian lingkungan
§ Menuingkatkan
penerapan Imtaq dalam kehidupan sehari-hari
2. Tugas
dan Wewenang pejabat Struktural Sekolah Mitra
1. Tugas dan Wewenang Pejabat Struktural Pada SMP Negeri 3 Kisaran
A. KEPALA SEKOLAH
Tugas dan wewenang Kepala Sekolah:
1.
Menyusun Perencanaan
2.
Mengorganisir Kegiatan
3.
Mengarahkan Kegiatan
4.
Mengkoordinir Kegiatan
5.
Melaksanakan Pelaksanaan
6.
Melakukan Evaluasi setiap Kegiatan
7.
Menentukan Kebijaksanaan
8.
Mengadakan Rapat
9.
Mengambil Keputusan
10.
Mengatur Proses Belajar Mengajar
11.
Mengatur Administrasi:
a. Kantor
b. Pegawai
c. Siswa
d. Perlengkapan
e. Keuangan
12.
Mengatur Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)
13.
Mengatur Hubungan Pengelolah dengan Masyarakat.
B. WAKIL KEPALA SEKOLAH
Tugas dan wewenang Wakil
Kepala Sekolah:
1.
Penyusun perencanaan, membuat program kegiatan dan
pelaksanaan program
2.
Pengorganisasian
3.
Pengarahan
4.
Ketenagaan
5.
Pengkoordinasian
6.
Pengawasan
7.
Penilaian
8.
Identifikasi dan Pengumpulan Data
9.
Penyusunan Laporan
C. GURU
Tugas dan wewenang Guru:
1.
Membuat perangkat program pengajaran
·
AMP
·
Program satuan/cawu
·
Program rencana pengajaran
·
Program mingguan guru
·
LKS
2.
Melaksanakan kegiatan
pembelajaran
3.
Melaksanakan kegiatan penilaian proses belajar, ulangan
harian, ulangan umum, ujian akhir
4.
Melaksanakan analisis hasil ulangan harian
5.
Menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan
6.
Mengisi daftar nilai siswa
7.
Melaksanakan kegiatan membimbing (pengimbasan
pengetahuan) kepada guru lain dalam kegiatan belajar mengajar
8.
Membuat alat pelajaran/alat raga
9.
Menumbuh kembangkan sikap menghargai karya seni
10.
Mengikuti kegiatan pengembangan dan pemasyarakatan
kurikulum
11.
Melaksanakan tugas tertentu di sekolah
12.
Mengadakan pengembangan program pengajaran yang menjadi
tanggung jawab
13.
Membuat catatan tentang kemajuan hasil belajar siswa
14.
Mengisi dan meneliti data hadir siswa sebelum memulai
pelajaran
15.
Mengatur keberhasilan ruang kelas dan ruang praktikum
16.
Mengumpulkan data, menghitung angka kredit untuk kenaikan
pangkatnya
D. WALI KELAS
Tugas dan wewenang
Wali Kelas:
1.
Mengenal pribadi, lingkungan keluarga dan masyarakat
setiap siswa yang berada dibawah asuhannya
2.
Menjaga dan membina agar kelasnya tetap tertib, rapi,
bersih, dan menggairahkan untuk berlangsungnya proses belajar mengajar
3.
Mengadakan komunikasi dengan orang tua siswa
4.
Melaksanakan administrasi kelas yang meliputi absensi
siswa pengisian buku siswa per kelas, pengisian nilai siswa dalam buku kumpulan
nilai/raport, membuat catatan khusus tentang kemajuan kelas
5.
Merencanakan kreasi sehat bagi kelasnya,
sekurang-kurangnya pada tiap akhir semester.
E. TATA USAHA SEKOLAH
Tugas dan wewenang
pegawai TU:
Tata usaha sekolah
mempunyai tugas melaksanakan ketata usahan sekolah dan bertanggung jawab kepada
kepala sekolah dalam kegiatan sebagai berikut:
1.
Penyususnan program kerja tata usaha sekolah
2.
Pengelolaan keuangan sekolah
3.
Pengurusan administrasi keuangan dan siswa
4.
Pembinaan dan pengembangan karir pegawai tata usaha
5.
Penyusunan administrasi perlengkapan sekolah
6.
Penyusunan dan penyajian data/statistik sekolah
7.
Mengkoordinasikan dan melaksanakn 6k
8.
Penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan pengurusan
ketatausahaan secara berkala
F. SISWA ATAU MURID
Tugas dan wewenang
siswa yaitu:
1.
Mematuhi tata tertib yang ada di sekolah
2.
Menyelesaikan tugas sekolah yang diberi guru
3.
Mendapatkan hak bimbingan dan pengajaran dari guru yang
ada di sekolah
4.
Mengikuti proses belajar mengajar dengan tertib.
BAB II
PELAKSANAAN PROGRAM MAGANG II
A. Pengembangan Kegiatan Akademik di Sekolah SMP
Negeri 3 Kisaran
1. Faktor
Penunjang Proses Pembelajaran
·
Sarana dan Prasarana
·
Alat bantu pembelajaran
·
Memberi motivasi kepada siswa-siswi yang
kurang semangat dalam belajar
2. Faktor
Penghambat Proses Pembelajaran
·
Tidak tersedianya audio visual disetiap
kelas
·
Kurangnya alat bantu proses pembelajaran
lainnya
·
Tidak mencukupi sarana dan prasarana
dalam sekolah
3. Pemecahan
Masalah dalam Pembelajaran
·
Dilengkapinya audio visual disetiap
kelas
·
Dilengkapinya alat bantu pembelajaran
lainnya
B. Kegiatan non-akademik/ Persekolah di Sekolah SMP
Negeri 3 Kisaran
1. Faktor
Penunjang Kegiatan Non Akademik
·
Adanya pelatih disetiap kegiatan yang
professional
·
Adanya fasilkitas yang baik
2. Faktor
Pengahambat Kegiatan Non Akademik
·
Sarananya tidak memadai
·
Alatnya masih sangat sederahana
3. Pemecahan
Masalah Kegiatan Non Akademik
·
Harus terpenuhinya alat-alat disetiap
kegiatan
·
Menciptakan inovasi yang sesuai
·
Adanya kerjasama antara pihak sekolah
dengan masyarakat
BAB
III
KESIMPULAN DAN SARAN
A.
Kesimpulan
Dengan terlaksananya Program Magang II di SMP Negeri 3 Kisaran ini kami telah
mendapatkan pengetahuan dan wawasan yang kami dapat dengan melakukan Observasi/
pengamatan didalam kelas dimana hasil observasi tersebut ialah kami dapat
mengetahui bagaimana cara guru mengajar, bagaimana cara guru menyikapi siswa-siswa
yang tidak taat peraturan, bagaimana cara guru memberikan sebuah punishment
kepada siswa dan bagaimana cara mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP).
B. Saran
Berdasarkan hasil Observasi/ pengamatan yang kami dapat dari Magang
II di SMP Negeri 3 Kisaran ini bahwa tingkat kedisplinan dan rasa hormat murid
kepada guru masih terlihat kurang. Kami berharap agar pihak sekolah lebih
meningkatkan lagi peraturan dengan punishment yang dapat membuat siswa jerah
dan lebih memilih untuk disiplin serta taat kepada peraturan yang ada.
Lampiran 1
LEMBAR NILAI PEMBEKALAN
PELAKSANAAN PROGRAM MAGANG II
UNIVERSITAS ASAHAN
NAMA MAHASISWA : SRI HASTUTI NPM :
14052001
PROGRAM STUDI : B. INGGRIS SEKOLAH :
SMPN 3 KISARAN
No
|
Indikator Penilaian
|
Skor (0 - 15)
|
1.
|
Kehadiran dalam pembekalan
|
|
2.
|
Kedisiplinan peserta magang
|
|
3.
|
Kerapian peserta magang
|
|
4.
|
Keaktifan dalam mengikuti pembekalan
|
|
5.
|
Sopan santun dalam mengikuti pembekalan
|
|
6.
|
Tugas pembekalan
|
|
Nilai Akhir Pembekalan
|
|
Kisaran, Januari 2016
Ka
.UPPLT
Yen Aryni,S.Pd,M.S
NIDN.0119018803
Lampiran 2
LEMBAR PEMBERIAN TUGAS
PELAKSANAAN
PROGRAM MAGANG II
UNIVERSITAS ASAHAN
No
|
Tanggal Penugasan
|
Materi Penugasan
|
Paraf
Pemberi
Tugas
|
1
|
25 Januari
2016
|
Upacara
|
|
|
|
Piket
|
|
2
|
26 Januari
2016
|
Apel Pagi
|
|
|
|
Observasi
Kelas VIII-4
|
|
|
|
Observasi
Kelas IX-7
|
|
3
|
27 Januari
2016
|
Apel Pagi
|
|
|
|
Menjaga
Perpustakaan
|
|
|
|
Observasi
Kelas IX-1
|
|
4
|
28 Januari
2016
|
Apel Pagi
|
|
|
|
Absen Kelas
Keliling
|
|
|
|
Menata Ruang Perpustakaan
|
|
|
|
Observasi Kelas VII-1
|
|
|
|
Piket
|
|
5
|
29 Januari 2016
|
Apel Pagi
|
|
|
|
Absen Kelas Keliling
|
|
|
|
Observasi Kelas IX-3
|
|
|
|
Piket
|
|
6
|
30 Januari 2016
|
Pelepasan Magang II
|
|
Kisaran,
30 Januari 2016
Kepala
Sekolah
Malanton Lahadhe Hasibuan,S.Pd,M.Si
NIP.19710530199412 1 001
Lampiran 3
LEMBAR
NILAI PELAKSANAAN
PROGRAM
MAGANG II
UNIVERSITAS ASAHAN
No
|
Aspek Penilaian
|
Skor ( 0 - 30 )
|
1.
|
Kehadiran
|
|
2.
|
Sopan santun
dan kedisiplinan
|
|
3.
|
Kepemimpinan
dan kerjasama
|
|
4.
|
Kreativitas
|
|
5.
|
Kemampuan
menelaah RPP, mahasiswa BK RPL dan RKH
|
|
6.
|
Kemampuan
menelaah strategi pembelajaran
|
|
7.
|
Kemampuan
menelaah pengembangan bahan ajar
|
|
8.
|
Kemampuan
menelaah pengembangan media pembelajaran
|
|
9.
|
Kemampuan
menelaah sistem evaluasi
|
|
10.
|
Kemampuan
menelaah pengembangan perangkat evaluasi
|
|
Nilai Akhir Pelaksanaan
Magang
|
|
Kisaran,
30 Januari 2016
Guru
Pamong Magang (GPM)
Eni Harianti,S.S
NIP.
19771019 200502 2 003
Lampiran 4
LEMBAR
NILAI LAPORAN
PELAKSANAAN
PROGRAM MAGANG
UNIVERSITAS ASAHAN
Nama Peserta : Sri Hastuti
NPM :
14052001
Sekolah Magang : SMP Negeri 3 Kisaran
Program Studi : Bahasa Inggris
No
|
Aspek Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
1.
|
Ketepatan penyerahan
|
|
|
|
2.
|
Sistematika penulisan
|
|
|
|
3.
|
Tata tulis dan bahasa
|
|
|
|
4.
|
Kelengkapan isi laporan
|
|
|
|
5.
|
Kerapian dan tata letak komponen
|
|
|
|
6.
|
Tingkat keterbacaan
|
|
|
|
7.
|
Logika urutan penyajian
|
|
|
|
8.
|
Simpulan saran dan lampiran
|
|
|
|
Nilai Akhir Pelaksanaan
Program Magang
|
|
Kisaran, Januari
2016
Ka.
UPPLT
Yen Aryni, S.Pd, M.S
NIDN.0119018803
Lampiran 5
LEMBAR
OBSERVASI KEGIATAN PEMBELAJARAN (OKP)
Nama Mahasiswa : Sri Hastuti
NPM :
14052001
Program Studi : Bahasa Inggris
Sekolah Latihan : SMP Negeri 3 Kisaran
Kelas :
VIII-2
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Hari/ Tanggal : Rabu/ 27 Januari 2016
A. PENDAHUALUAN
1. Apa
yang dikerjakan guru ketika masuk kelas ?
-
Pertama sekali guru
mengucapkan salam kemudian memperhatikan keberseihan kelas, terlihat kelas
tidak bersih guru memerintahkan siswa untuk mengutip sampah yang ada dilantai
kelas, dan setelah kelas terlihat bersih guru memerintahkan class monitor untuk
memimpin doa, setelah doa bersama guru pun mengabsen siswa dan kemudian memulai
pembelajaran.
2. Bagaimana
guru membuka pelajaran ?
-
Guru membuka pelajaran
dengan terlebih dahulu membahas singkat/ mengingatkan tentang pelajaran
sebelumnya, kemudian menyampaikan peta konsep tentang pelajaran yang akan
dibahas untuk selanjutnya.
3. Apakah
cara membuka pelajaran tersebut sesuai
dengan materi yang akan diajarkan, berikan alasan ?
-
Ya, karena apa yang
disampaikan oleh guru tersebut sesuai dengan bahan ajar yang ada pada perangkat
pembelajaran guru.
4. Berapa
menit tahap pendahuluan ini berlangsung ?
-
10 Menit
5. Bagaimana
perhatian siswa terhadap guru ?
-
Hanya beberapa siswa
saja yang memperhatikan guru, sebagian siswa disaat guru menjelaskan materi
pembelajaran siswa ada yang melamun, bercerita, bermain Hp, dll.
B. PENYAJIAN
1. Bagaimana
cara guru menyajikan materi pokok pembelajaran ?
-
Materi pokok
pembelajaran yang disampaikan oleh guru sesuai dengan RPP dan media pembelajaran yang ada ( buku pelajaran ).
Dimana dalam menyajikan pokok pembelajaran ini guru memulai dengan peta konsep
yang kemudian menyampaikan tujuan dari pembelajaran tersebut.
2. Selama
pelajaran berlangsung berapa kali guru bertanya pada siswa ?
-
4 kali
3. Berapa
orang siswa yang mendapat kesempatan menjawab pertanyaaan guru ?
-
4 siswa
4. Selama
pembelajaran berlangsung apakah ada :
a. Siswa
yang mengajukan pertanyaan ?
-
Ada
b. Bagaimanakah
cara guru menilai hasil belajar siswa ?
-
Hasil belajar siswa juga dinilai dengan
memberikan tugas-tugas kepada siswa seperti PR yang kemudian dinilai oleh guru
sehingga dapat dilihat mana siswa yang rajin dan tidak dalam mengerjakan tugas,
guru juga melihat siswa yang aktif dan siswa yang tidak aktif dalam bertanya.
c. Siswa
yang mengganggu kelas, jika ya , bagaimana cara guru mengatasinya ?
-
Ya, guru mengatasi
siswa yang mengganggu kelas dengan cara memberikan sebuah punishment/ hukuman,
dimana dalam observasi ini guru memberikan punishment berupa cubitan kasih
sayang.
d. Secara
umum bagaimana perhatian siswa terhadap
pelajaran yang disajikan guru ?
-
Siswa sangat senang
menerima pelajaran yang diberikan oleh guru tersebut
e. Berapa
lama pelajaran ini berlangsung ?
-
50 Menit
C. PENUTUP
1. Apa
yang dilakukan guru untuk mengakhiri pelajaran ?
-
Guru menyimpulkan hasil
materi yang telah disampaikan,dan kemudian memerintahakan salah seorang siswa
untuk memimpin doa bersama sebelum
pulang.
2. Bagaimana
cara guru menilai hasil belaajar siswa ?
-
Hasil belajar siswa
juga dinilai dengan memberikan tugas-tugas kepada siswa seperti PR yang
kemudian dinilai oleh guru sehingga dapat dilihat mana siswa yang rajin dan
tidak dalam mengerjakan tugas, guru juga melihat siswa yang aktif dan siswa
yang tidak aktif dalam bertanya.
3. Apa
yang dilakukan guru sebelum mengakhiri pelajaran untuk pindah ke pelajaran lain
atau istirahat ?
-
Guru memberikan
Pekerjaan Rumah (PR) kepada siswa dan kemudian mengucapakan salam dalam
mengakhiri pelajaran.
4. Berapa
menit bagian penutup ini berlangsung ?
-
20 Menit
5. Tuliskan
kesan umum anda terhadap kegiatan belajar mengajar yang anda amati?
-
Baiklah, hasil dari
Observasi yang telah saya amati dalam Magang II ini bahwa untuk menjadi seorang
guru harus benar-benar siap mental karena tidak semua murid akan respect,
terlagi murid-murid yang nakal dan acuh tak acuh terhadap pelajaran. Magang II
inipun telah menjadi pengalaman istimewa tersendiri bagi saya. Karena secara
langsung mata saya melihat bagaimana cara/ strategi yang dilakukan oleh guru
dalam Kegiatan Belajar Mengajar berlangsung. Dalam hal ini saya sebagai calon
guru penerus bangsa akan dapat menyusun dan memilah untuk strategi pembelajaran
dalam mengimplementasikannya ke lapangan suatu saat nanti untuk tercapainya
menjadi guru yang profesional. Amin
Diketahui,
Kepala Sekolah, Guru
Pamong,
Malanton Lahadhe Hasibuan,S.Pd,M.Si Eni Harianti,S.S
NIP. 19710530199412 1 001 NIP.19771019 200502 2
003
Lampiran 6
LEMBAR
PENILAIAN DOSEN PEMBIMBING
PESERTA
MAGANG II TAHUN 2016
Nama Mahasiswa : Sri Hastuti
NPM :
14052001
Program Studi : Bahasa Inggris
Sekolah Latihan : SMP Negeri 3 Kisaran
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
Ket.
|
||
1.
|
Kemampuan mengembangkan perangkat
pembelajaran RPP/ RPL bagi mahasiswa BK/ RKH bagi mahasiswa PG-PAUD
|
|
|
|
|
2.
|
Kemampuan mengembangkan media
pembelajaran
|
|
|
|
|
3.
|
Kemampuan mengembangkan bahan ajar
|
|
|
|
|
4.
|
Kemampuan mengembangkan perangkat
evaluasi
|
|
|
|
|
5.
|
Keikutsertaan dalam kegiatan Magang II
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
Kisaran, Januari
2016
Dosen
Pembimbing Magang II
Drs. Hidayat,M.M
NIDN.
0130056801
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor : 03
1. Sekolah : SMP
Negeri 3 Kisaran
Mata
Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/
Semester :
VIII/2
2. Standart Kompetensi :11.
Mamahami makna teks tulis
fungsional dan
esai pendek sederhana berbentuk recount dan narative yang berkaitan dengan
lingkungan sekitar.
3. Kompetensi Dasar : 11.1 Membaca
nyaring bermakna teks
tulis fungsional
dan esay berbentuk recount dan narative pendek dan sederhana dengan ucapan,
tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar.
4. Indikator Pencapaian Kompetensi :
- Membaca nyaring dan bermaksna
teks berbentuk narative
-
Mengidentifikasi berbagai identifikasi
informasi dalam teks narative
-
Mengidentifikasi langkah retorika teks
berbentuk narative
-
Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks
berbentuk narative
5. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai
melakukan kegiatan pembelajaran peserta didik dapat :
5.1 Membaca
nyaring dan bermakna teks bernbentuk narative melalui diskusi
5.2 Mengidentifikasi
berbagi informasi dalam teks narative melalui diskusi
5.3 Mengidentifikasi
langkah retorika teks berbentuk narative melalui diskusi
5.4 Mengidentifikasi
ciri kebahasaan teks berbentuk narative melalui diskusi
6.
Materi
Pembelajaran
6.1 Teks tertulis berbentuk
narative
7. Alokasi Waktu : 5 x 40 menit
8.
Metode
pembelajaran
-
Decision making ( pertemuan 1)
-
Reading guide ( pertemuan 2)
9.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan
1 ( 2x 40 menit)
Materi : teks tertulis berbentuk
narative
a) Kegiatan Pendahuluan
( 10 menit)
-
Pra Pembelajaran
a.
Doa/ salam
b. Kebersihan
kelas
c. Mengabsen
peserta didik
-
Apersepsi
a. Mengamati kelengkapan belajar peserta didik
b. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
c. Menyampaikan
metode pembelajaran “decision making”
d. Pre-test
-
Motivasi
Guru
menunjukkan berbagai macam gambar, 2-3 siswa memberikan tanggapan
b) Kegiatan Inti ( 50
menit)
-
Peserta didik bereksplorasi mendengarkan
penjelasan materi pembelajaran tentang teks narative melalui peta konsep ( NBKB
: rasa ingin tahu, kreatif)
-
Membagi kelas dalam 6 kelompok @6-7
peserta didik
-
Membagikan soal/ kasus/ masalah kepada tiap kelompok
-
Peserta
didik bereksplorasi mendiskusikan soal / kasus/ masalah sampai
-
Pengambilan keputusan dari kasus tersebut ( NBKB :
toleransi, disiplin, demokratis, komunikatif)
-
Peserta
didik mengkonfiramsikan hasil diskusi melalui presentase ( NBKB : kerja
keras, tanggung jawab, komunikatif)
c) Kegiatan Penutup (
20 menit)
-
Membuat
kesimlpulan
-
Refleksi
: membahas tentang metode decision making
-
Umpan
balik : soal-soal pada pemnilaian
-
Tindak
lanjut : kegiatan mandiri tidak terstruktur (KMTT),find somr narative
texts ! at least 5
-
Menginformasikan materi pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Pertemuan 2 ( 3x 40
menit)
a) Kegiatan Pendahuluan
( 10 menit)
-
Pra Pembelajaran
a. Doa/ salam
b. Kebersihan kelas
c. Mengabsen peserta didik
-
Apersepsi
a. Mengamati kelengkapan belajar peserta
didik
b. Menyampaikan tujuan pembelajaran
c. Memyampaikan
metode pembelajaran “Reading Guide”
d.Pre-test :
What do you know about narative texts?
-
Motivasi
Guru
menunjuk beberapa peserta didik untuk membacakan text narrative.
b) Kegiatan Inti (90 menit)
-
Peserta didik bereksplorasi mendengarkan
penjelasan materi pembelajaran text narrative melalui peta konsep (NBKB : rasa
ingin tahu, kreatif)
-
Guru menentukan bacaan text procedure
yang dipelajari peserta didik
-
Guru memberikan pertanyaan dan kisi-kisi
masalah
-
Peserta didik bereksplorasi mempelajari pelajaran text
narrative kemudian menjawab pertanyaan atau memecahkan masalah (NBKB : tanggung
jawab, kerja keras, mandiri)
-
Peserta didik berelaborasi bertukar
jawabn atas hasil kerja mereka (NBKB : jujur, tanggung jawab)
-
Guru mengkonfirmasikan kesimpulan dari
text bacaan dan memberikan penghargaan/nilai kepada peserta didik sesuai
penjumlahan skor benar tiap peserta didik (jujur, menghargai prestasi)
c) Kegiatan Penutup
-
Membuat kesimpulan
-
Refleksi: Membahas tentang metode
Reading Guide
-
Umpan balik : Soal-soal pada penilaian
-
Tindak lanjut : Penugasan Terstruktur :
Mengerjakan soal latihan
-
Menginformasikan materi pembelajaran
pada pertemuan berikutnya
10. Penilaian Hasil Belajar
Indikator
Penilaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrument
|
· Mengidentifikasi
berbagai informasi
dalam teks narrative
· Mengidentifikasi langkah retorika teks berbentuk narrative
|
Tes
Tertulis
|
Tes
Uraian
|
The following
text is for question 34 to 37
Long time ago in west Java, lived a woman
named Dayang Sumbi. She live alone in the forest.
One day Dayang Sumbi was quilting when
suddenly, her quilt fell of from her house. Then she prayed to Gods, “If a
man picks up my quilt, he will be my husband. If a woman she will be my
sister.” Then, a male dog picks it up. For keeping her word. Dayang Sumbi
married the dog and called his Tumang. Dayang Sumbi gave birth to a baby,
name him Sangkuriang, but never told him who is father was.
One day,
Sangkuriang was hunting with Tumang in the forest and he found nothing. He
blamed Tumang for the failure and killed him. When Dayang Sumbi knew, that
,she hit Sangkuriang’s heat with a big spoon and asked him to go.
Many years
later, the wandering Sangkuriang found a house in the forest, and an all
beautiful woman was in the house. The woman Dayang Sumbi, recognized the
adventurer as Sangkuriang. Sangkuriang forced her to marry him and Dayang
Sumbi asked him to make a vast boat in one night. In the night, Sangkuriang
called his friends, ghosts and forest fairies to help him. Dayang Sumbi
feared the boat could be finished on time. So she asked some woman near by to
help her. The woman hit the graind puncher to make noise which disturbed the
ghost and the fairies.
The ghost and
the fairies ran away before completing the boat. Sangkuriang was very angry.
He kicked away the boat upside down, and it turned in to a mountain called
Tangkuban Perahu. It means the downside boat, which stood in the north of
Bandung.
Answer the
following questions !
1. What
is the woman name?
2. What
is the dog’s name?
3. What
did Dayang Sumbi asked him to make?
4. Write
the rhetorical steps of the above text?
Kunci Jawaban
1. Dayang
Sumbi
2. Tumang
3. Make
a vast boat in one night
4. Orientation-complication-resolution
|
Pedoman Penilaian :
-
Tiap nomor diberi skor 2
-
Skor maksimal 4 x 2 = 8
-
Nilai Maksimal 100
Skor Perolehan
-
Nilai Peserta didik
× 100
Skor Maksimal
11. Sumber Pembelajaran
-
English in Focus Karangan Artono
Wardiman, Masduki B. Jahur
-
Kamus
Mengetahui,
Kisaran,
30 Januari 2016
Kepala SMP Negeri 3 Kisaran, Guru Mata
Pelajaran,
Malanton Lahadhe Hasibuan,S.Pd,M.Si Eni Harianti,S.S
NIP. 19710530199412 1 001 NIP.19771019 200502 2
003
Lampiran 7
REKAPITULASIN
NILAI AKHIR MAGANG II
Lokasi Magang
II : Jln. Madong Lubis Kisaran
No
|
Nama
|
NPM
|
Prodi/ Jurusan
|
Skor Nilai
|
Huruf
|
||||
Pembekalan
(15%)
|
Tugas (16%)
|
GPM (30%)
|
DPM (15%)
|
Laporan Magang (24%)
|
|||||
1.
|
Sri Hastuti
|
14052001
|
B.Inggris
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Windi Widya
Astuti
|
14052025
|
B.Inggris
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Rafika Handayani
|
14052024
|
B.Inggris
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Fitri Siagian
|
14052023
|
B.Inggris
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Hendra Perdani
|
14052009
|
B.Inggris
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Novi Prayogi
|
14053134
|
B.Indonesia
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
Amirah
|
14053117
|
B.Indonesia
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
Puspa Rani
|
14053015
|
B.Indonesia
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
Nad’ya Octaviani
|
14053149
|
B.Indonesia
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
Indah Permata
Sari
|
14053139
|
B.Indonesia
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
Desi Diana Sari
|
14053138
|
B.Indonesia
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, Kisaran, Januari
2016
Ka.UPPLT, Dosen
Pembimbing Magang II
Yen Aryni, S.Pd, M.S Drs.Hidayat,M.M
NIDN.0119018803 NIDN.0130056801
Lampiran 8
KEGIATAN
MAHASISWA MAGANG II TAHUN 2016
Nama : Sri Hastuti Sekolah
Tempat Magang : SMP Negeri 3
Kisaran
NPM :
14052001 Waktu
Magang : 25 - 30
Januari 2016
Tgl.
|
Waktu
|
Kode Kegiatan
|
|||||
Jam
|
Jam
|
Jam
|
Jam
|
Jam
|
Jam
|
||
07-08
|
08-09
|
09-10
|
10-11
|
11-12
|
12-13
|
||
25/01/2016
|
i
|
b
|
i
|
i
|
i
|
i
|
a. Bimbingan dan
Orientasi
|
26/01/2016
|
|
i
|
c
|
c
|
i
|
k
|
b. Komunikasi/
Wawancara
|
|
|
b
|
|
|
|
|
c. Observasi
peserta didik di kelas
|
|
|
e
|
|
|
|
|
d. Tugas
bimbingan dari PKS
|
27/01/2016
|
b
|
b
|
b
|
c
|
c
|
i
|
e. Tugas ADM
sekolah/ kelas
|
|
|
|
k
|
|
|
|
f. Tugas KO dan
Ekstrakurikuler
|
28/01/2016
|
q
|
q
|
q
|
c
|
c
|
c
|
g. Pembimbingan
OSIS
|
|
i
|
i
|
i
|
|
|
|
h. Kebersihan
kamar mandi
|
29/01/2016
|
p
|
p
|
c
|
c
|
c
|
j
|
i. Piket
|
|
|
k
|
|
|
j
|
j
|
j. Membantu
memeriksa hasil kerja anak
|
|
|
b
|
|
|
|
|
k. Menata ruang
perpustakaan/ Lab
|
30/01/2016
|
b
|
b
|
a
|
i
|
i
|
i
|
l. Upacara
|
|
|
|
|
|
|
|
m. 5 K
|
|
|
|
|
|
|
|
n. Rapat
|
|
|
|
|
|
|
|
o. Les Tambahan
|
|
|
|
|
|
|
|
p. Jumat bersih
masuk kelas
|
|
|
|
|
|
|
|
q. Menyusun RPP/
RPL bagi mahasiswa BK/ RKH bagi mahasiswa PG-PAUD
|
Disetujui
oleh : Kisaran,30
Januari 2016
Guru
Pamong, Mahasiswa,
Eni Harianti, S.S Sri
Hastuti
NIP. 19771019 200502 2 003 NPM. 14052001
Lampiran 9
DAFTAR
HADIR MAHASISWA PROGRAM MAGANG II
FKIP
UNIVERSITAS ASAHAN
TAHUN
2016
Lokasi Magang II : SMP Negeri 3 Kisaran
Alamat : Jln. Madong Lubis
Kisaran
Bulan : Januari
No
|
Mahasiswa
|
Januari
|
Ket.
|
|||||
25
|
26
|
27
|
28
|
29
|
30
|
|
||
1.
|
Sri Hastuti
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Windi Windya
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Rafika Handayani
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Fitri Siagian
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Hendra Perdani
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Novi Prayogi
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
Amirah
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
Puspa Rani
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
Nad’ya Octaviani
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
Indah Permata
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
Desi Diana Sari
|
|
|
|
|
|
|
|
Kisaran,
30 Januari 2016
Diketahui
oleh,
Wakil
kepala Sekolah
Gumri, S.Pd.I
NIP.
19600709 198302 1 004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar