Rabu, 29 Juli 2015

LAPORAN MAGANG 1-SEMESTER 2 - SMP NEGERI 1 MERANTI


LAPORAN KEGIATAN
PELAKSANAAN PROGRAM MAGANG I
DI SMP NEGERI 1 MERANTI



LAPORAN INDIVIDU


Diajukan Untuk Melengkapi Persyaratan
Penyelesaian Program Magang I





Oleh :
SRI HASTUTI
NIM. 14052001



FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ASAHAN
2015
HALAMAN PENGESAHAN

LAPORAN PELAKSANAAN PROGRAM MAGANG 1
DI SMP NEGERI 1 MERANTI







Oleh :
SRI HASTUTI
NPM. 14052001







Kisaran,        Februari 2015
Telah diperiksa dan disetujui oleh :




Dosen Pembimbing Magang

Drs.ABDUL MUFTI, M.Pd 








 
ABSTRAK

SMP NEGERI 1 MERANTI adalah  Sekolah yang memberikan pengalaman praktis kepada Mahasiswa peserta Magang I, sehingga Mahasiswa dapat beraktualisasi sesuai bidang peminatnya. Selama kegiatan  Magang , hasil Observasi fisik dan suasana di sekolah mitra ( SMP NEGERI 1 MERANTI ) yang dilaksanakan mulai 27 hingga 31 Januari 2015 telah memperoleh hasil yang sangat baik dalam melihat kegiatan dan keadaan sekolah di SMP NEGERI 1 MERANTI.
Tujuan penulisan tugas akhir ini ialah untuk mempelajari, menganalisis, dan memahami kultur budaya di sekolah mitra tersebut.  Dan hasil yang diperoleh ialah  komunikasi / wawancara terhadap guru dan murid , observasi fisik dan suasana sekolah, kultur / budaya sekolah dan beberapa hasil kegiatan lainnya yang telah di rangkum dalam hasil laporan Magang I ini.
Penulisan laporan ini dihasilkan dengan cara  mengumpulkan data-data yang diperoleh  dengan pendekatan secara wawancara dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, guru / pegawai, murid-murid ( Ketua Osis ), diskusi, pengamatan lingkungan  budaya sekolah, praktek dan membaca refrensi yang ada dikantor Tata Usaha, Laboratorium, Perpustakaan ,dll.
Setelah melakukan pengamatan yang penulis lakukan selama kegiatan Magang I, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa untuk menyelesaikan laporan ini diperlukan adanya kerja sama dari berbagai pihak terutama pihak sekolah mitra, selain itu untuk laporan ini juga diperlukan ketelitian yang penuh untuk lebih jelasnya  dapat dilihat dari isi laporan ini.















KATA PENGANTAR

Puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas berkat ,rahnmat dan karuniaNya, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan  Magang 1 ”. Adapun penulisan laporan magang ini bertujuan untuk mengetahui situasi dan kondisi di Sekolah Mitra ( SMP NEGERI 1 MERANTI ).

            Dalam penulisan percobaan ini, berbagai hambatan telah penulis alami. Oleh karena itu, terselesaikannya laporan magang ini tentu saja bukan karena kemampuan penulis semata-mata. Namun karena adanya dukungan dan bantuan dari pihak-pihak yang terkait.

            Sehubungan dengan hal tersebut, perlu kiranya penulis dengan ketulusan hati mengucapkan terima kasih kepada Bapak Pembimbing yang telah membimbing penulis dalam menyelesaikan laporan magang ini dan juga kepada semua pihak yang telah membantu menyelesaikan laporan magang ini. Terutama dalam kesediaan Bapak / Ibu guru di Sekolah mitra ( SMP NEGERI 1 MERANTI) yang telah bersedia memberikan waktunya untuk melancarkan Program Magang I ini.

            Dalam penyusunan laporan percobaan ini, penulis menyadari pengetahuan dan pengalaman penulis masih sangat terbatas. Oleh karena itu, penulis sangat mengharapkan adanya kritik dan saran dari berbagai pihak agar laporan magang ini lebih baik dan bermanfaaat.













Kisaran, 31 Januari 2015


DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
HALAMAN PENGESAHAN
ABSTRAK
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang  kegiatan magang ( tujuan dan mamfaat program magang untuk peserta magang )
B.     Profil sekolah mitra
1.      Visi dan Misi sekolah mitra
2.      Tugas dan wewenang pejabat struktural sekolah mitra

BAB II PELAKSANAAN PROGRAM MAGANG 1
A.     Pengembangan kegiatan akademik di sekolah mitra
1.      Faktor penunjang proses pembelajaran
2.      Faktor penghambat proses pembelajaran
3.      Pemecahan masalah dalam pembelajaran
B.     Kegiatan non akademik  / persekolahan di sekolah mitra
1.      Faktor penunjang kegiatan non akademik
2.       Faktor penghambat kegiatan non akademik
3.      Pemecahan  masalah kegiatan non akademik

BAB III KESIMPULAN DAN SARAN
A.     Kesimpulan
B.     Saran


LAMPIRAN






BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 mengamanatkan bahwa guru harus memiliki kompetensi professional, pedagogik, kepribadian dan social sesuai dengan bidang studi dan keilmuan yang terkait. Dalam rangka menyiapkan calon guru yang memiliki kompetensi tersebut  perlu dilakukan upaya peningkatan, antara lain peningkatan awal siswa baru, peningkatan kompetensi guru, pengembangan isi kurikulum, peningkatan kuaalitas pembelajaran dan penilaian hasil belajar siswa , penyediaan bahan ajar yang memadai, dan penyediaan sarana belajar. Dari semua cara tersebut, peningkatan kualitas pembelajaran melalui peningkatan kualitas pendidik menduduki posisi yang sangat sentral dan akan berdampak positif. Dampak positf tersebut berupa : (1) peningkatan kemampuan dalam menyelesaikan masalah pendidikan  dan pembelajaran yang dihadapi secara nyata ; (2) peningkatan kualitas masukan, proses dan hasil belajar ; (3) peningkatan keprofesionalan pendidik ; (4) penerapan prinsip pembelajaran berbasis penelitian.
Salah satu upaya dalam mencapai hal tersebut perlunya program pengembangan melalui magang mahasiswa disekolah mitra dengan cara mengamati kultur / budaya sekolah, mengamati peserta didik dalam proses pembelajaran. Program Magang ke Sekolah Mitra tampaknya perlu diapresiasi oleh semua pihak Universitas Asahan. Oleh sebab itu, Panitia Magang I Universitas Asahan mencoba mengantisipasi semua program terlaksana optimal dan sejalan dengan Renstra Universitas dan FKIP Universitas Asahan. Dengan  terselenggaranya kegiatan ini diharapkan mahasiswa peserta magang memiliki sikap pemahaman, penghayatan, motivasi dan keterampilan sebagai calon pendidik yang pada saatnya memiliki kompetensi guru yang berkualifikasi profesional, cerdas, unggul, dan beribawa.
Dasar Pelaksanaan Program Magang
Mata kuliah Magang merupakan mata kuliah wajib di FKIP Universitas Asahan yang terdiri dari mata kuliah Magang 1, Magang 2, Magang 3 yang harus ditempuh mahasiswa setiap tahapannya yang ditetapkan berdasarkan :
1.      Undang-Undang Republik Indonesia  No. 20 Tahun 2003 tentang SIstem Pendidikan Nasional
2.      Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2006 tentang Guru dan Dosen
3.      Undang-Undang Republik Indonesia No. 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi
4.      PP No. 74/2008 tentang Guru
5.      Peraturan Mentri (Permen) RI No. 19 Tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan
Pengembangan Program Magang pada prinsipnya ada 4 hal penting, yaitu
1)      Program Magang pada Program S-1 Kependidikan dilaksanakan tiga kali ( Magang I, Magang II, Magang III) dengan waktu dan tujuan program yang berbeda.
2)      Masing-masing Program Magang memiliki bobot SKS yang sudah ditentukan oleh Program Studi yang bersangkutan
3)      Kegiatan Program Magang dilaksanakan pada komunitas sekolah
4)      Pembimbing  dilakukan oleh Dosen Pembimbing Magang (DPM) yang memenuhi persyaratan sebagaimana yang ditentukan.
Adapun konsep dasar pelaksanaan kegiatan Program Magang sebagai berikut :
1)      Kegiatan Program Magang merupakan kegiatan yang memberikan pengalamanawal kegiatan untuk membangun jati diri pendidik, memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi, memantapkan kemampuan awal mahasiswa calon guru, mengembangkan perangkat pembelajaran dan kecakapan pedagogis dalam membangun bidang keahlian pendidikan.
2)      Kegiatan Program Magang merupakan satu program kegiatan yang realisasi kegiatannya dikelola secara bersama  oleh panitia Magang dan FKIP Universitas Asahan.
3)      Kegiatan program magang lebih memfokuskan pada bidang manejerial dan pembelajaran di sekolah.
4)      Kegiatan program magang merupakan  kegiatan akademis dan praktis yang diharapkan pula dapat mengembangkan kreativitas peserta dalam bidang akademik dan profesi.

Pengertian Program Magang
Program magang merupakan kegiatan akademik yang tercantum dalam kurikulum semua program studi yang ada dilingkungan FKIP Universitas Asahan, yaitu Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris.
Program magang yang terdiri dari Magang I, Magang II, Magang III, Program ini adalah suatu kegiatan belajar sambil melakukan Learning By Doing   dalam rangka pembentukan pengetahuan , keterampilan dan sikap.

Tujuan Program Magang
Adapun tujuan program magang I dapat dikategorikan sebagai berikut :
1.      Mengimplementasikan kompetensi dasar pedagogic, kepribadian dan social
2.      Memperkuat pemahaman peserta didik melalui observasi proses belajar mengajar dan aktivitas siswa disekolah.
3.      Membangun landasan jati diri pendidik dengan langsung merasakan kultur pendidikan dilapangan dengan mengamati interaksi guru murid.
4.      Memantapkan kompetensi pedagogic melalui observasi dan refleksi langsung dilapangan.
5.      Implementasi kompetensi akademik kependidikan seperti pemahaman peserta didik, pengelolaan kelas, kemampuan komunikasi pembelajaran yang mendidik.

Mamfaat Program Magang

a.       Bagi Mahasiswa
1)      Menambah pemahaman dan penghayatan tentang proses pendidikan dan pembelajaran disekolah.
2)      Memperolah pengalaman tentang cara berfikir dan bekerja secara  interdisipliner , sehingga dapt memahami adanya  keterkaitan ilmu dalam mengatasi permasalahan pendidikan  yang ada disekolah.
3)      Memperoleh daya penalaran dalam dalam melakukan penelaahan, perumusan dan pemecahan masalah pendidikan  yang ada disekolah
4)      Memperoleh pengalaman dan keterampilan untuk melaksanakan pembelajaran dan kegiatan  manajerial  di sekolah.
5)      Memberi  kesempatan untuk dapat berperan sebagai motivator, fasilitator, dinamisator, dan membantu pemikiran  sebagai problem solver


.
b.      Bagi Sekolah
1)      Memperoleh kesempatan  untuk ikut dalam menyiapkan calon guru yang berdedikasi dan professional
2)      Mendapat bantuan pemikiran, tenaga, ilmu dan teknologi dalam merencankana  serta melaksanakan pengembangan sekolah.

c.       Bagi Universitas Asahan
1)      Memperoleh umpan balik dari pelaksanaan Program Magang di Sekolah, guna mengembangkan kurikulum  perguruan tinggi yang disesuaikan  dengan kebutuhan masyarakat.
2)      Memperoleh berbagai sumber belajar dan menemukan berbagai permasalahan untuk mengembangkan penelitian dan pendidikan.
3)      Terjalain kerjasama yang baik dengan pemerintah daerah , intansi daerah, intansi terkait dan  sekolah untuk pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tempat dan waktu pelaksanaan
-          Tempat
Tempat magang dilaksanakan di SMP NEGERI 1 MERANTI, , di Jl. Karya No. 95 Meranti, Kode Pos 11264, Kecamatan MERANTI.

-          Waktu
Kegiatan magang disekolah mitra dilaksanakan selama 5 hari dari hari Selasa sampai dengan hari Sabtu  ( 5-6 jam / hari ), yaitu dari tanggal 27 Februari 2015 sampai dengan 31 Februari 2015.














B.     Profil sekolah mitra


1.                  Visi dan Misi Sekolah mitra

VISI
 Unggul dalam prestasi, beriman dan bertakwa serta teladan di masyarakat.

MISI
1.      Meningkatkan proses pembelajaran aktif , inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan
2.      Meningkatkan pelaksanaan program ekstrakurikuler
3.      Meningkatkan disiplin guru, pegawai siswa dan tenaga kependidikan lainnya
4.      Meningkatkan kecerdasan, keterampilan an kereativitas melalui kegiatan ilmiah
5.      Meningkatkan wawasan wiata mandala
6.       Menigkatkan pelayanan terhadap masayarakat
7.      Meningkatkan aaktivitas keagamaan pelaksanaan kegiatan hari besar agama
8.      Mengaktualisasikan nilai- nilai moral dan etika kemasyarakatan

2.                  Tugas dan wewenang pejabat structural sekolah mitra

FUNGSI DAN TUGAS GURU, diantaranya :
Guru bertanggung jawab kepada kepala sekolah dan mempunyai tugas melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar secara efektif dan efisien.
Tugas dan tanggung jawab seorang guru meliputi :
1.      Membuat perangkat pelajaran
-          AMP
-          Program tahunan/ semester
-          Progam satuan pembelajaran
-          Program rencana pembelajaran
-          Program mingguan guru
-          LKS
2.      Melaksanakan kegiatan pembelajaran
3.      Melaksanakan kegiatan penilaian proses belajar ulangan harian, ulangan umum dan harian
4.      Melaksanakan analisis hasil ulangan harian
5.      Menyusun dan melaksanakan program  perbaikan dan pengayaan
6.      Mengisi program daftar nilai siswa
7.      Melaksanakan kegiatan pembimbingan
8.      Membuat alat pelajaran atau alat peraga
9.      Menumbuhkembangkan sikap kerja sama
10.  Mengikuti kegiatan pengembangan permasyarakatan kurikulum
11.  Melaksanakan tugas tertentu disekolah
12.  Mengadakan pengembangan program pembelajaran yang menjadi tanggung jawabnya
13.  Membuat cataan tentang hasil belajar siswa
14.  Mengisi dan meneliti  daftar hadir siswa sebelum materi pelajaran
15.  Mengatur kebersihan kelas dan ruang praktikum
16.  Mengumpulkan dan menghitung angka kredit untuk kenaikan pangkatnya.
BAB II
PELAKSANAAN PROGRAM MAGANG I

A.     Pengembangan kegiatan akademik di Sekolah mitra

1.      Faktor penunjang proses pembelajaran
Dalam proses  belajar mengajar  pada pendidikan terdapat beberapa faktor penunjang yang bisa membantu proses pembelajaran tersebut, diantaranya:
Tenaga pendidik, Sarana dan prasarana, tata tertib, kurikulum, dan faktor  lingkungan

-          Tenaga pendidik
Siswa yang terdidik dan berprestasi  dihasilkan dari guru-guru yang  berkompetensi  dan juga berprestasi,
Berikut  data-data guru-guru di Sekolah mitra ( SMPN 1 MERANTI)
Guru-guru  di SMP Negeri 1 Meranti
1.      Susanti, S.Pd
Guru bidang studi              : Bahasa Indonesia
Jabatan                              : Wali kelas
Tempat / Tanggal lahir       : Sei Beluru, Dusun VIII / 16 Maret 1981
Lama mengajar                  : 1 tahun
Mengajar di  kelas              : 4 kelas
Alumni                              : UNA jurusan Ekonomi
                                           UNISLA jurusan Bahasa Indonesia

2.      Siti Khalifah, M.Pd
Guru bidang studi              : Bahasa Indonesia
Jabatan                              : Guru bidang studi
Tempat / tanggal lahir        : Sei Balai / 28 Februari 1973
Alamat                               : Jl. Lintas Sumut Proyek small holder, Sei Balai
Lama mengajar                  : sejak 2012 hingga sekarang
Alumni                              : UNIMED

3.      Sumar, S.Pd
Guru bidang studi              : Matematika
Jabatan                              : wali kelas
Tanggal lahir                      : 10 April 1964
Alamat                               : Sei Beluru, Dusun VI, Jl. Kampung Durian
Lama mengajar                  : 11 tahun
Alumni                              : UMSU



4.      Sri Puspita Sari
Guru bidang studi              : Biologi dan PKS
Jabatan                              : Guru bidang studi
Tanggal lahir                      : 11 Januari 1977
Alamat                               : Dusun III Meranti
Lama mengajar                  : 2003 hingga sekarang
Mengajar di kelas               : 3 kelas
Alumni                              : UISU

5.      Sarifah, S.Pd
Guru bidang studi              : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Jabatan                              : guru bidang studi
Tanggal lahir                      : 13 Agustus 1971
Alamat                               : Serdang, Dususn III
Lama mengajar                  : 11 tahun
Mengajar di kelas               : VIII3- VIII5 – IX4 – IX6
Alumni                              : UNIMED
6.      Wiratmo Priyanto, S.Pd
Guru bidang studi              : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Jabatan                              : Guru bidang studi dan wali kelas VIII1
Tanggal lahir                      : 28 Januari 1973
Alamat                               : Gambir Baru
Lama mengajar                  :  2010 hingga sekarang
Mengajar di kelas               : Kelas VII dan VIII

7.      Ranto Angin Sona, S.Pd
Guru bidang studi              : Pendidikan Kewarganegaraan ( PPKN)
Jabatan                              : Guru bidang studi
Tanggal lahir                      : 21 Januari 1963
Alamat                               : Dusun IV, Meranti
Lama mengajar                  : 2002 hingga sekarang
Alumni                              : UMN

8.      Drs.H.Lukman Hakim
Guru bidang studi              : Pendidikan Agama Islam
Tempat / tanggal lahir        : Pabarakan / 22 April 1959
Alamat                               : Sei Balai
Lama mengajar                  : 1991 hingga sekarang
Alumni                              : D3 di IAIN
                                           S2 di DARUL ULUM





9.      Suwarni, S.Pd
Guru bidang studi              : Bahasa Inggris
Tempat / tanggal lahir        : Sei Karang PTPN5 / 17 November 1960
Alamat                               : Jl. Karlia, Dusun II Meranti
Lama mengajar                  : 25 tahun
Jabatan                              : PKS Humas dan guru bidang studi
Alumni                              : UNIMED

10.  Eka Edi Muslianto, S.Pd
Guru bidang studi              : Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS)
Tempat / tanggal lahir        : Suka Ramai / 5 April 1971
Alamat                               : Suka Ramai, Dusun VII
Lama mengajar                  : 2004 hingga sekarang
Jabatan                              : guru bidang studi
Alumni                              : IKIP MEDAN atau sekarang dikenal dengan UNIMED

11.  Tuti Sinaga, SP
Guru bidang studi              : Muatan Lokal ( Pertanian )
Tempat / tanggal lahir        :Sei Beluru / 14 Juli 1983
Alamat                               : Simpang Sei Beluru
Lama mengajar                  : 2010 hingga sekarang
Alumni                              : Jurusan Pertanian di UNIKA Santo Thomas Sumatra Utara
12.  Heri Gunawan, S.Pd
Guru bidang studi              : Teknik Imformasi dan Komunikasi ( TIK)
Tempat / tanggal lahir        : Meranti / 21 Desember 1983
Alamat                               : Dusun VIII Meranti
Lama mengajar                  : 2005 hingga sekarang
Alumni                              : Universitas  Islam Labuhan Batu

13.  Ratna Ani Pati, S.Th
Guru bidang studi              : Pendidikan Agama Kristen
Tempat / tanggal lahir        : Sei Beluru / 6 Juni 1972
Alamat                               : Sei Beluru, Dusun I, Kec. Meranti
Alumni                              : STT.HKBP, Pem. Siantar

14.  Rudi Siregar, S.Ag
Guru bidang studi              : Pendidikan Agama Islam
Tempat / tanggal lahir        : Kisaran / 25 Desember 1971
Alamat                               : Jl. Langsat. Sentang, Kec. Kisaran Timur
Jabatan                              : Pembantu Kepala Sekolah bagian Kurikulum
Lama mengajar                  : 2005 hingga sekarang
Alumni                              : S1 di Institut Darululum

15.  Romasta Naiborhu, S.Pd
Guru bidang studi              : Bahasa Inggris
Tempat/ tanggal lahir         : Sei Beluru / 13 Februari 1973
Alamat                               : Sei Beluru, Kec. Meranti
Jabatan                              : guru bidang studi
Lama mengajar                  : 2003 hingga sekarang
Alumni                              : UNIMED

16.  Taufik S.Pd
Guru bidang studi              : PENJASKES
Tempat / tanggal lahir        : Meranti / 4 Juli 1979
Alamat                               : Dusun VI, Kec. Meranti
Jabatan                              : PKS Kesiswaan
Lama maengajar                : 2005 hingga sekarang
Alumni                              : UNIMED

17.  Umi Kalsum
Guru bidang studi              : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Tempat / tanggal lahir        : Parmonangan / 24 Agustus 1970
Alamat                               : Dusun II, Kec. Meranti
Jabatan                              : Guru / Wali kelas
Lama mengajar                  : 2005 hingga sekarang
Alumni                              : USI , P.Siantar

18.  Rosida Sinaga, S.Pd
Guru bidang studi              : Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS)
Tempat / tanggal lahir        : Medan / 8 November 1971
Alamat                               : Jl. Fl. Tobing Kisaran, Kec. Kisaran Timur
Lama mengajar                  : 2005 hingga sekarang
Alumni                              : NOMENSEN, P.Siantar

19.  Rusmiati, S.Pd
Guru bidang studi              : Matematika
Alamat                               : Dusun II, Kp. Durian, Sei Beluru
Lama mengajar                  : 1993 hingga sekarang ( 21 tahun )
Mengajar di kelas               : VII1, VII2, VII3, VII4, VII5, VII6
Alumni                              : D3 di NOMENSEN, P.Siantar
                                            S1 di UMN

20.  DRS. Tonny Parapat
Guru bidang studi              : Seni Budaya
Tempat / tanggal lahir        : Meranti / 3 April 1965
Alamat                               : Jl. Perintis Kemerdekaan, Sp. Pekan, Dusun XI,
                                            Desa Serdang, Kec. Meranti
Lama mengajar                  : 1995 hingga sekarang
Mengajar di kelas               :  VIII1, VIII2, VIII3, VIII4, VIII5, IX1, IX2, IX3, IX4, IX5, IX6
Alumni                              : Jurusan Seni Rupa di IKIP Negeri Medan


21.  Ir. Mansurdin
Guru bidang studi              : PENJASKES
Tempat / tanggal lahir        : Sibolga / 1 Februari 1964
Lama mengajar                  : 1993 hingga sekarang ( 22 tahun)
Mengajar di kelas               : VII1, VII2, VII3, VII4, VII5, VII6, VIII(2 lokal), IX ( 2 lokal)
Alumni                              :  S1 di UMA
                                             S2 di  UNIMED
Prestasi                              : Juara 1 Atletik tingkat Asahan 2011

22.  Dameria Sipayung, S.Pd
Guru bidang studi              : Bahasa Indonesia
Tempat / tanggal alahir       : S.Dolok / 16 November 1962
Alamat                               : Jl. Bangau No. 151, Kisaran
Lama mengajar                  : 1986 hingga sekarang
Mengajar di kelas               : VIII1, VIII2, VIII3, VIIII4, VIII5
Alumni                              : FKIP NOMENSEN, P.Siantar

23.  Maryana. By, S.Pd
Guru bidang studi              : Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS)
Tempat / tanggal lahir        : Tg. Beringin / 5 Agustus 1972
Lama mengajar                  : 1998 hingga sekarang ( 17 tahun)
Mengajar di kelas               : VIII3, VIII4, VIII5, IX4, IX5, IX6
Alumni                              : S1 di IKIP Medan



-          Sarana dan prasarana
 Selain tenaga pendidik  sarana dan prasarana juga termasuk faktor penunjang dalam proses pendidikan.
Berikut  data sarana prasarana  pada sekolah mitra ( SMPN 1 MERANTI ).

1.      Ruang kelas / lokal
Ukuran kelas                           : 9 x 15 m
Jumlah kelas                            : 17 kelas
Jumlah siswa                           : 573 siswa
Jumlah rata-rata siswa / kelas  : 33-36 siswa / kelas
Dengan ruangan kelas yang luas dan juga jumlah siswa/ kelas yang relatif seimbang sehingga menciptakan suasana yang nyaman  dalam proses  belajar mengajar , baik bagi pendidik ataupun yang di didik.

2.      Ruang Lab Komputer

Guru computer / penjaga        :  Hery Gunawan, S.Pd
                                                  Asispan, S.Pd
Peraturan masuk kedalam lab : a. membuka sepatu
                                                 b. kondisi nyaman dan tenang

Fasilitas  didalam Lab             : a. Televisi
                                                 b. PC
                                                 c. Infokus
                                                 d. Proyektor
                                                 e. AC
Tipe PC                                  : LCD dan Tabung
Jumlah PC                              : a. LCD           bagus   = 4 unit
                                                                       Rusak  = 2 unit
                                                 b. Tabung      bagus   = 8 unit
                                                                       rusak    = 15 unit
Keaftifan siswa                      : sangat aktif



3.       Ruang Lab IPA
Ukuran ruangan                       : 9 x 15 m
Alat dan bahan
-          Gelas ukur                                                      
-          Slinder
-          Timbangan
-          Pembakar spiritus
-          Elermein
-          Jantung
-          Microskop
-          Catu daya
-          Lak tabung
-          Pipet tetes
-          Mortar
-          Kaca penguapan
-          Kaca arloji
-          Multimeter
-          Thermometer
-          Penyepit tabung
-          Pipa L panjang
-          Pipa Y panjang
-          Batang pengaduk
-          Kertas saring
-          Auxanometer
-          Kapur dohor
-          Lumping
Note  : Ruang lab nya bersih dan rapi, membuat anak muridnya nyaman untuk belajar  dalam melakukan praktikum dan alat-alat pendukungnya lengkap.

4.      Perpustakaan
Ukuran                                    : 3 x 5 m
Jenis buku                               : buku pelajaran ( semua pelajaran), buku cerita ,
Sumber buku dari                    : dari pemerintah         
Fasilitas dalam perpustakaan   : papan pemberitahuan, kursi , meja, lemari buku,
                                                   dan daftar pengunjung.

-          Tata tertib
Tata tertib guru dalam mengajar
1.      Berpakaian seragam / rapi sesuai ketentuan  yang ditetapkan
2.      Bersikap dan berprilaku sebagai pendidik
3.      Berkeawajinban mempersiapkan  administrasi pengajaran , alat-alat dan bahan pelajaran dan mengadakan ulangan secara teratur
4.      Diwajibkan hadir disekolah  10 menit sebelum belajar
5.      Diwajibkan mengikuti upacara bendera setiap hari senin dan hari besar nsasional bagi guru dan karyawan.
6.      Wajib mengikuti rapat-rapat yang diselengggarakan disekolah.
7.      Melapor kepada guru piket jika terlambat
8.      Memberitahukan kepada kepala sekolah atau guru piket bila berhalangan hadir dan memberikan tugas atau  bahan untuk siswa
9.      Diwajibkan menandatangani daftar hadir dan mengisi  agenda kelas
10.  Mengkondisikan / menertibkan siswa saat mengajar
11.  Diwajibkan melaporkan kepada  sekolah/ guru piket jika akan melaksanakan kegiatan diluar sekolah.
12.  Selain mengajaar, juga memperhatikan situasi kelas mengenai 10 K dan membantu menegakkan tata tertib siswa .
13.   tidak diperbolehkan  menyuruh siswa mengisi daftar nilai.
14.  Tidak diperbolehkan mengurangai jam  pelajar sehingga siswa istirahat,, ganti pelajaran atau pulang sebelum waktunya.
15.  Tidak diperbolehkan memulangkan siswa tanpa seizin  guru piket / sekolah.
16.  Tidak diperbolehkan menggunakan waktu istirahat untuk ulangan  atau kegiatan lain.
17.  Memberikan sanksi kepada siswa yang melanggar tata tertib yang bersifat  mendidik dan hindari hukuman secara fisik terhadap siswa.
18.  Tidak diperbolehkan merokok  didalam kelas atau tatap muka.
19.  Guru mengajar menggunakan waktu tatap muka  ( minimal 5 menit) untuk melakukan pembinaan akhlak terhadap para siswa.
20.  Menjaga kerahasiaan jabatan, wajib menjaga citra guru, sekolah dan citra pendidik, pada umumnya.

Tata tertib siswa
·         Wajib seluruh siswa
a.       Hadir disekolah sebelum pukul 07.15 WIB
b.      Mengikuti upacara bendera  setiap hari senin atau hari – hari tertentu
c.       Mengikuti apel pagi pukul 07.15 – 07.30 WIB
d.      Mengikuti proses belajar mengajar mulai 07.30 sampai selesai
e.       Sebelum KBM dimulai  didalam dan diluar kelas/ ruangan belajar harus sudah bersih
f.       Memulai dan mengakhiri pelajaran berdoa sesuai dengan doa masing-masing

·         Busana dan penampilan
a.       Pakaian seragam untuk hari senin ampai kamis adalah baju warna putih dan celana/ rok warna biru dengan atribut beserta dasi
b.      Pakaian pada hari jumat adalah pakaian olahraga
c.       Pakaian hari sabtu adalah pramuka lengkap dengan atribut serta kacu
d.      Sepatu warna hitam terbuat dari kain dan bertali
e.       Kaos kaki bewarna putih polos, kecuali hari sabtu warna hitam polos
f.       Ukuran kaos kaki minimal 10 cm dari sepatu ( keatas)
g.       Paa saat melaksanakan / mengikuti upacara bendera harus memakai topi sekolah
h.      Selama berada dilingkugan  sekolah harus berpenampilan  rapid an baju dimasukkan , memakai tali pinggang warna hitam  berukuran sedang.

Larangan- larangan untuk siswa
a.       Laki-laki tidak dibenarkan berambut gondrong
b.      Perempuan tidak boleh mamakai kosmetik yang berlebihan
c.       Selama proses belajar mengajar sedang berlangasung tidak ada siswa  keluar dari ruangan, dan dalam waktu 5 menit guru mata pelajarannya belum masuk kedalam kelas, maka salah seorang perangkat kelas  memanggil guru yang bersangkutan kekantor atau melapor ke piket.
d.      Pada jam istirahat tidak dibenarkan berada dalam ruangan
e.       Dilarang membawa perhiasan yang berharga
f.       Dilarang membawa telepon genggam ( HP )
g.       Dilarang membawa makanan  kedalam kelas
h.      Dilarang membuang sampah sembarang tempat
i.        Tidak dibenarkan pulang sekolah sebelum waktu yang telah ditentukan, kecuali ada yang sangat penting dan ada izin dari guru atau pihak sekolah
j.        Bagi siswa yang meninggalkan sekolah tanpa izin ( cabut) akan mendapat sanksi dari pihak sekolah

Adanya kegiatan tambahan  dimana setiap paginya disekolah mitra / SMP NEGRI 1 MERANTI , selalu mengadakan apel pagi setiap pukul 07.15 WIB yang mana membantu mahasiswa menjadi lebih disiplin.

-          Kurikulum
Kurikulum adalah salah satu penunjang  bagi peserta didik  dalam proses belajar mengajar . Pada sekolah mitra  ( SMPN 1 MERANTI)  menggunakan kurikulum  KTSP 2006 karen a dianggap  lebih baik dalam proses pembelajaran  maupun sistem penilaian .
Adapun  pejabat atau  PKS kurikulum di sekolah mitra ( SMP NEGERI 1 MERANTI) dijabat oleh bapak Rudi Siregar S.Ag,  adapun tugasnya  yang bertanggung jawab dalam berjalannya system pembelajaran  dan bertanggung jawab atas  pengadaan RPP roster dan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar).

-          Lingkungan
Sekolah mitra  (SMPN 1 MERANTI ) yang terletak  di daerah yang memiliki kultur budaya yang beragam baik itu batak, jawa, dan melayu, sehingga memiliki perbedaan  namun bisa berjalan searah pada proses pembelajaran.

2.      Faktor penghambat pembelajaran
Selain faktor penunjang yang bisa membuat siswa lebih maju terdapat juga faktor penghambat yang membuat siswa  terganggu  pada proses pembelajarannya.
Adapun faktor penghambat proses pembelajaran adalah :
-          Tidak konsistennya  pemerintah dalam memantapkan  kurikulum .
Sudah menjadi rahasia umum bahwa  di Negara kita kurikulum menjadi  masalah atau penghambat dalam proses pembelajaran baik bagi  peserta didik maupun tenaga pendidik, yang mana pemerintah tidak bisa melihat kondisi di lapangan sehingga menjadi ketidakseimbangan antara  pendidikan yang ada di kota dengan yang ada di desa.
-          Faktor kedisiplinan
Waktu dan kedisiplinan  menjadi satu hal yang sangat berpengaruh dalam proses berpendidikan . Namun pada prosesnya baik siswa maupun tenaga pendidik masih banyak yang tidak mengahargai waktu dan kedisiplinan.

3.      Pemecahan masalah dalam pembelajaran
didalam proses belajar mengajar, guru harus memiliki strategi agar siswa dapat belajar secara efektif dan efisien. Salah satu langkah untuk memiliki strategi itu ialah harus menguasai teknik-teknik penyajian atau biasa disebut  metode pembelajaran.
Pemecahan masalah dalam pembelajaran dapat  juga dilakukan dengan menjaga  hubungan baik  terutama dilingkungan sekolah .
-          Hubungan murid dengan guru
Saling membutuhkan karena tanpa murid guru tidak bisa mengajar dan sebaliknya.

-          Hubungan guru dengan guru
Hubungannya akrab dan kompak , dan saling bertukar fikiran  sesama guru/
 saling tolong   menolong
-          Hubungan  murid dengan murid
Hubungan antara murid dengan harus terjalin dengan baik, baik dalam keadaan formal ataupun nonformal, sehingga jika terdapat masalah dalam proses belajar bisa memecahkannya secara bersama sama.

B.     Kegiatan non akademik / persekolahan di  sekolah mitra

1.      Faktor penunjang kegiatan non akademik
Disekolah mitra (SMP NEGERI 1 MERANTI)  terdapat 2 kegiatan non akademik berupa Pramuka, Olahraga, dan Seni.

PRAMUKA
Disekolah mitra ( SMP NEGERI 1 MERANTI ) Pembina dijabat oleh bapak Taufik, S.Pd yang mana kegiatan ke pramukaan tersebut diadakan pada setiap hari kamis.

OLAHRAGA
Ada banyak factor penunjang  pada kegiatan olahraga yaitu :
1.      Lapangan                     : 6.000 m2
2.      Lapangan badminton   : 1 lapangan
3.      Lapangan bola             : 2 lapangan
4.      Matras lompat tinggi    : 6 bantal
5.      Tiang lompat tinggi      : 2 buah
6.      Landasan start              : 4 buah
7.      Bola voli                     
8.      Bola kaki

SENI
Adanya alat-alat musik yang memadai di sekolah mitra ( SMPN 1 MERANTI) .
1.      Pianika
2.      Organ / keyboard
3.      dll.


2.      Faktor penghambat kegiatan non akademik
Yang menjadi penghambat kegiatan non akademik di sekolah mitra  ( SMP NEGERI 1 MERANTI ) adalah :
KETIDAKLENGKAPAN BAHAN PRAKTEK OLAHRAGA
Ketidaklengkapan bahan praktek ini akan membuat siswa cenderung malas dalam kegiatan non akademik.

3.      Pemecahan masalah kegiatan non akademik
-          Bimbingan Konseling dan Penasihat Akademik
-          Beasiswa
-          kesehatan

BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN

A.     Kesimpulan
Bahwa SMP NEGERI 1 MERANTI adalah sekolah yang  sangat taat terhadap peraturan tata tertib sekolah.
B.     Saran
Saran untuk sekolah mitra (SMPN 1 MERANTI )  agar guru-guru pendidik lebih semangat dalam mengajar dan member ilmu kepada anak didik agar anak didik dapat menuai hasil dari sekolah mitra.























Lampiran I

SURAT KETERANGAN PELAKSANAAN MAGANG I


Yang bertanda tangan dibawah ini :
         Nama         : Drs.M.Saleh,M.M
         NIP            : 196409141995121002
         Jabatan      : Kepala Sekolah

Dengan ini menerangkan bahwa :
Nama Mahasiswa                     : SRI HASTUTI
NIM                             : 14052001
Program Studi              : Bahasa Inggris


Telah melaksanakan seluruh kegiatan Magang I disekolah ini, sesuai ketentuan dan panduan yang telah ditetapkan P3LT FKIP Universitas Asahan.

Demikian keterangan ini dibuat dengan sebenarnya untuk dapat dipergunakan sebagai bahan pertimbangan untuk kelulusan mahasiswa yang bersangkutan.






                                                                                                            Kisaran, 31 Januari 2015
                                                                                                            Kepala Sekolah,
                          

                                                                                                            Drs.M.SALEH, M.M
                                                                                                            NIP. 196409141995121002

Lampiran II
KEGIATAN MAHASISWA
MAGANG 1 TAHUN 2015


Nama Mahasiswa         : SRI HASTUTI
NPM                            : 14052001
Program Studi              : Bahasa Inggris
Sekolah Latihan           : SMP NEGERI 1 MERANTI  


TANGGAL
WAKTU
JAM
JAM
JAM
JAM
JAM
JAM
07-08
08-09
09-10
10-11
11-12
12-13
27 Jan 2015
a
a
-
b
b
-
28 Jan 2015
c
c
c
-
a
a
29 Jan 2015
g
g
-
-
a
-
30 Jan 2015
-
-
e
e
e
-
31 Jan 2015
-
-
-
-
-
-

Kode kegiatan :
a.       Bimbingan dan orientasi
b.      Komunikasi / wawancara
c.       Observasi peserta didik dikelas
d.      Tugas bimbingan dari PKS
e.       Tugas ADM sekolah / kelas
f.       Kegiatan KO dan ekstrakurikuler
g.       Pembimbingan OSIS







Diketahui,                                                                                            Kisaran,31  Januari 2015
Wakil Kepala Sekolah                                                                                     Mahasiswa




PERDINAN SURBAKTI, S.Pd                                                          SRI HASTUTI
Lampiran III

LEMBAR OBSERVASI
FISIK DAN SUASANA SEKOLAH

Nama Mahasiswa      : SRI HASTUTI
NPM                         : 14052001
Program Studi           : Bahasa Inggris
Sekolah latihan         : SMP NEGERI 1 MERANTI

A.     Keadaan Fisik Sekolah
1.      Luas Tanah                              : 10.000 m2
2.      Jumlah ruang kelas                  : 17 kelas
3.      Ukuran ruang kelas                  : 9 x 7 m
4.      Bangunan lain yang ada
a.       Mushala                             luasnya  135  m2
b.      Lab Komputer                   luasnya 63 m2
c.       Lab IPA                             luasnya 63 m2
d.      Ruang BP                                                               luasnya  135  m2
e.       Ruang perpustakaan                                              luasnya  135  m2

B.     Keadaan Lingkungan Sekolah

1.      Jenis Bangunan Yang Mengelilingi Sekolah
-          Mushala
-          Lab IPA
-          Lab Komputer
-          Ruang BP
-          Ruang Tata Usaha
-          Ruang Guru
-          Ruang  Kepala Sekolah
-          Perpustakaan
-          Kantin
-          Toilet siswa
-          Toilet guru

2.      Kondisi Lingkungan Sekolah
Kondisi lingkungan  di  Sekolah mitra (SMP NEGERI 1 MERANTI)  cukup asri dan sejuk sebab didepan sebagian ditanami bunga dan pepohonan dan juga hampir di sekitar depan ruang kelas ditanami bunga-bungaan yang membuat indah pemandangan sekolah. Dengan kata lain secara umum sekolah ini cukup baik sebagai salah satu lembaga pendidikan dikarenakan letak sekolah cukup strategis yang berarti cukup tentram dalam proses KBM dan jauh dari kebisingan kendaraan



C.     Fasilitas Sekolah (kualitasnya)

NO
Jenis  fasilitas
Kuantitas/ jumlah
Kualitas / kelayakan
1
Mushala
-
Cukup
2
Lab IPA
1
Baik
3
Lab Komputer
1
Baik
4
Ruang BP
1
Baik
5
Ruang Tata Usaha
1
Baik
6
Ruang Guru
1
Baik
7
Ruang  kepala sekolah dan wakil
1
Baik
8
Perpustakaan
-
Cukup
9
Kantin
1
Baik
10
Toilet siswa
-
Cukup
11
Toilet guru
1
Baik


D.     Penggunaan Sekolah :
1.      Jumlah sekolah yang menggunakan bangunan ini adalah hanya SMP NEGERI 1 MERANTI
2.      Jumlah ‘shif’ setiap harinya adalah wajib hadir 6 hari kerja ( 07.15 WIB -selesai)

E.     Guru dan Siswa
1.      Jumlah guru                 : 31 orang
2.      Jumlah kelas                :17 kelas
3.      Jumlah siswa perkelas :
                                    VII1       = 34 siswa
                                                VII2       = 33 siswa
                                                VII3        = 34 siswa
                                                VII4       = 33 siswa
                                                VII5         = 33 siswa
                                                VII6       = 32 siswa
                                                VIII1    = 36 siswa
                                                VIII2    = 36 siswa
                                                VIII3    = 36 siswa
                                                VIII       = 36 siswa      
                                                VIII5    = 37 siswa
                                                IX1       = 34 siswa
                                                IX2       = 33 siswa
                                                IX3       = 30 siswa
                                                IX4       = 33 siswa
                                                IX5       = 33 siswa
                                                IX6       = 30 siswa
4.      Jumlah siswa seluruhnya         = 573 siswa








F.      Interaksi Sosial

1.      Hubungan guru dengan guru
Hubungan guru dengan guru di SMP NEGERI 1 MERANTI adalah sangat baik dan tampak saling menghargai  dapat dilihat dari sistem kerja dan komunikasi disekolah.

2.      Hubungan guru dengan siswa
Hubungan guru dengan siswa di SMP NEGERI 1 MERANTIN adalah saling membutuhkan karena tampa kehadiran murid tidak akan pernah ada sosok seorang guru, dan begitu juga sebaliknya, dan juga tingkat persaudaraan yang cukup tinggi.

3.      Hubungan siswa dengan siswa
Hubungan siswa dengan siswa di SMP NEGERI 1 MERANTI adalah sangat baik dan juga terjalin komunikasi yang baik.

4.      Hubungan guru dengan pegawai tata usaha
Hubungan guru dengan pegawai tata usaha di SMP NEGERI 1 MERANTI adalah sangat baik, terlihat dari adanya kerja sama yang baik saat urusan administrasi sekolah.

5.      Hubungan sosial semacam keseluruhan
Hubungan sosial di SMP NEGERI 1 MERANTI adalah sangat baik, hal ini dapat di nilai dari  keramah tamahan guru-guru di SMPN 1 MERANTI  dan hubungan timbal  balik yang sangat baik, serta rasa sosial yang sangat baik yang ditandai dengan tutur sapa yang lembut antara yang satu dengan yang lain.

G.    Tata tertib :

1.      Untuk siswa

·         Wajib seluruh siswa
g.       Hadir disekolah sebelum pukul 07.15 WIB
h.      Mengikuti upacara bendera  setiap hari senin atau hari – hari tertentu
i.        Mengikuti apel pagi pukul 07.15 – 07.30 WIB
j.        Mengikuti proses belajar mengajar mulai 07.30 sampai selesai
k.      Sebelum KBM dimulai  didalam dan diluar kelas/ ruangan belajar harus sudah bersih
l.        Memulai dan mengakhiri pelajaran berdoa sesuai dengan doa masing-masing

·         Busana dan penampilan
i.        Pakaian seragam untuk hari senin ampai kamis adalah baju warna putih dan celana/ rok warna biru dengan atribut beserta dasi
j.        Pakaian pada hari jumat adalah pakaian olahraga
k.      Pakaian hari sabtu adalah pramuka lengkap dengan atribut serta kacu
l.        Sepatu warna hitam terbuat dari kain dan bertali
m.    Kaos kaki bewarna putih polos, kecuali hari sabtu warna hitam polos
n.      Ukuran kaos kaki minimal 10 cm dari sepatu ( keatas)
o.      Paa saat melaksanakan / mengikuti upacara bendera harus memakai topi sekolah
p.      Selama berada dilingkugan  sekolah harus berpenampilan  rapid an baju dimasukkan , memakai tali pinggang warna hitam  berukuran sedang.



·         Larangan- larangan untuk siswa
k.      Laki-laki tidak dibenarkan berambut gondrong
l.        Perempuan tidak boleh mamakai kosmetik yang berlebihan
m.    Selama proses belajar mengajar sedang berlangasung tidak ada siswa  keluar dari ruangan, dan dalam waktu 5 menit guru mata pelajarannya belum masuk kedalam kelas, maka salah seorang perangkat kelas  memanggil guru yang bersangkutan kekantor atau melapor ke piket.
n.      Pada jam istirahat tidak dibenarkan berada dalam ruangan
o.      Dilarang membawa perhiasan yang berharga
p.      Dilarang membawa telepon genggam ( HP )
q.      Dilarang membawa makanan  kedalam kelas
r.        Dilarang membuang sampah sembarang tempat
s.       Tidak dibenarkan pulang sekolah sebelum waktu yang telah ditentukan, kecuali ada yang sangat penting dan ada izin dari guru atau pihak sekolah
t.        Bagi siswa yang meninggalkan sekolah tanpa izin ( cabut) akan mendapat sanksi dari pihak sekolah

2.      Untuk guru

a.       Berpakaian seragam / rapi sesuai ketentuan  yang ditetapkan
b.      Bersikap dan berprilaku sebagai pendidik
c.       Berkeawajinban mempersiapkan  administrasi pengajaran , alat-alat dan bahan pelajaran dan mengadakan ulangan secara teratur
d.      Diwajibkan hadir disekolah  10 menit sebelum belajar
e.       Diwajibkan mengikuti upacara bendera setiap hari senin dan hari besar nsasional bagi guru dan karyawan.
f.       Wajib mengikuti rapat-rapat yang diselengggarakan disekolah.
g.       Melapor kepada guru piket jika terlambat
h.      Memberitahukan kepada kepala sekolah atau guru piket bila berhalangan hadir dan memberikan tugas atau  bahan untuk siswa
i.        Diwajibkan menandatangani daftar hadir dan mengisi  agenda kelas
j.        Mengkondisikan / menertibkan siswa saat mengajar
k.      Diwajibkan melaporkan kepada  sekolah/ guru piket jika akan melaksanakan kegiatan diluar sekolah.
l.        Selain mengajaar, juga memperhatikan situasi kelas mengenai 10 K dan membantu menegakkan tata tertib siswa .
m.     tidak diperbolehkan  menyuruh siswa mengisi daftar nilai.
n.      Tidak diperbolehkan mengurangai jam  pelajar sehingga siswa istirahat,, ganti pelajaran atau pulang sebelum waktunya.
o.      Tidak diperbolehkan memulangkan siswa tanpa seizin  guru piket / sekolah.
p.      Tidak diperbolehkan menggunakan waktu istirahat untuk ulangan  atau kegiatan lain.
q.      Memberikan sanksi kepada siswa yang melanggar tata tertib yang bersifat  mendidik dan hindari hukuman secara fisik terhadap siswa.
r.        Tidak diperbolehkan merokok  didalam kelas atau tatap muka.
s.       Guru mengajar menggunakan waktu tatap muka  ( minimal 5 menit) untuk melakukan pembinaan akhlak terhadap para siswa.
t.        Menjaga kerahasiaan jabatan, wajib menjaga citra guru, sekolah dan citra pendidik, pada umumnya.

3.      Untuk pegawai : ada

H.    Kesan umum
Secara umum selama calon guru melaksanakan Magang I di SMP NEGERI 1 MERANTI adalah bahwa sekolah ini cukup baik dan guru-gurunya pun sangat memiliki kompetensi yang baik serta sarana dan prasarana cukup memadai.
SMP NEGERI 1 MERANTI ini juga sangat memiliki  disiplin yang cukup baik, hal ini dapat dilihat dari  ketepatan kehadiran guru-guru dan pelaksanaan Apel Pagi setiap harinya. Dan juga memberikan sanksi kepada murid-murid yang melanggar peraturan.
Tetapi juga ada sedikit himbauan sebagai  dasar koreksi untuk siswa disaat apel pagi / upacara / disaat baris dilapangan agar tidak langsung bubar barisan sebelum Pembina member i intruksi untuk bubar barisan.






























                                                                                                            Kisaran, 31   Januari  2015
                                                                                                            Kepala Sekolah


                                                                                                            Drs.M.SALEH, M.M
Lampiran IV

LAPORAN  PELAKSANAAN KEGIATAN
KULTUR / BUDAYA SEKOLAH


Nama Mahasiswa         : SRI HASTUTI
NPM                            :  14052001
Program Studi              : Bahasa Inggris
Sekolah Latihan           :  SMP NEGERI 1 MERANTI
Waktu Pelaksanaan      :  27 – 31 Januari 2015

Tujuan kegiatan  ;
a.       Untuk mengetahui gambaran dan deskripsi SMP NEGERI 1 MERANTI
b.      Untuk mengetahui Administrasi  SMP NEGERI 1 MERANTI
c.       Sebagai persyaratan dalam melengkapi laporan individu di pelaksanaan program magang I.

Hasil kegiatan  yang dicapai :
Mengamati kedisiplinan warga sekolah dalam melaksanakan peraturan :
1.      Kepala sekolah
Dalam melaksanakan tugasnya sebagai kepala sekolah, Ia adalah kepala sekolah yang bertanggung jawab, datang tepat waktu, selalu memberikan bimbingan dan didikan kepada siswa.

2.      Guru
Berdasarkan hasil pengamatan, guru sudah tiba disekolah sebelum pukul 07.15,  dan guru selalu mengisi daftar hadir di piket sebelum KBM dimulai. Guru juga selalu memberikan arahan kepada muridnya serta tegas dalam memberikan hukuman kepada murid yang melanggar peraturan.
3.      Siswa
Berdasarkan hasil pengamatan, siswa yang piket hadir sebelum pukul 07.00 dan langsung membersihkan ruangan dan halaman kelas. Tetapi ada juga beberapa siswa yang terlambat disaat apel pagi dimulai.
Mengamati berbagai strategi efektif, empatik dan santun, baik secara lisan maupun tulisan di lingkungan sekolah. Dalam berkomunikasi secara lisan warga sekolah sering memakai bahasa khas ( bahasa daerah ). Untuk hal ini berdasarkan pengamatan bahasa daerah digunakan hanya disaat diluar pelajaran / istirahat disaat guru dengan murid atau guru dengan guru dan juga  murid dengan murid saling berinteraksi satu sama lain.
Kendala yang dihadapi saat melaksanakan kegiatan orientasi :
Adapun kendala yang dihadapi antara laian adalah :
1.      Sulitnya mengumpulkan siswa yang mengikuti kegiatan tersebut
2.      Siswa banyak kegiatan setelah pulang sekolah sehingga sulit untuk di wawancarai
Cara mengatasi kendala :
Dalam mengatasi kendala tersebut, upaya yang dapat dilakukan adalah :
1.      Menarik perhatian siswa secara halus agar bersedia mengikuti kegiatan orientasi  dalam kesediaannya untuk diwawancarai.
2.      Meminta waktu kosong kepada siswa agar tidak memberatkan dirinya untuk diwawancarai.

















                                                                                                Kisaran,     Februari 2015
                                                                                                Dosen Pembimbing Magang

                                                           
Drs.ABDUL MUFTI, M.Pd
Lampiran V

LEMBARAN PENILAIAN PESERTAN MAGANG I
KEGIATAN KULTUR/ BUDAYA SEKOLAH


Nama Mahasiswa         : SRI HASTUTI
NPM                            : 14052001
Program Studi              : Bahasa Inggris
Sekolah Latihan           : SMP NEGERI 1 MERANTI

NO
ASPEK YANG DINILAI
NILAI
1
2
3
4
1
Kelengkapan keakuratan  data fisik dan suasana sekolah




2
Kemampuan menganalisis program kegiatan yang akan dilakukan disekolah




3
Kemampuan mengatasi kendala





RATA- RATA SKOR





Nilai KKBS = Rata-rata skor x 25


Nilai  :
1 = kurang
2 = cukup
3 = baik
4 = amat baik

                                                                                                Kisaran,       Februari 2015
                                                                                                Dosen Pembimbing Magang


                                                                                                           
Drs.ABDUL MUFTI, M.Pd
REKAPITULASI NILAI AKHIR (RNA)

Sekolah Latihan              : SMP NEGERI 1 MERANTI, Jl. Karya No. 95 Meranti. Kode Pos 11264

NO
Nama Mahasiswa
NIM
Program Studi
NILAI
Nilai Akhir
Huruf
Absen  ( 20 % )
KKBS (40%)
Laporan (40%)
1








2








3








4








5








6








7








8








9








10








11








12








13








14








15








16








17








18








19








20











                                                                                                Kisaran,    Februari 2015
                                                                                                Dosen Pembimbing Magang

                                   
Drs.ABDUL MUFTI, M.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar